Cari disini

Teh Penurun Berat Badan yang Sayang Jika Kamu Abaikan

Kategori: Informasi Kesehatan
Teh Penurun Berat Badan
Berikan nilai untuk postingan ini

Teh penurun berat badan juga bisa kamu coba untuk membantu menyukseskan program diet kamu. Dimana terdapat beberapa pilihan teh yang tentunya bisa kamu tambahkan pada menu keseharian kamu. Nah, apa sajakah teh yang dapat membantu menurunkan berat badan tersebut? Mari simak beberapa rekomendasi berikut ini!

Setiap orang tentunya mendambakan memiliki berat badan yang ideal. Bagi mereka yang memiliki kelebihan berat badan, menurunkan berat badan adalah tugas yang harus mereka selesaikan. Pasalnya kelebihan berat badan tidak hanya merusak penampilan. Kondisi ini juga bisa memicu berbagai masalah kesehatan seperti diabetes, nyeri sendi, penyakit jantung, hipertensi dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu masalah kelebihan berat badan atau obesitas tidak bisa dipandang sebelah mata. Sedari kini kita harus berupaya agar bahaya komplikasi obesitas bisa kita cegah. Sebab ketika sudah menimbulkan masalah kesehatan, maka akan sangat sulit untuk menjalankan program penurunan berat badan tersebut.

Sebenarnya untuk mencegah kenaikan berat badan mudah sekali yakni dengan menjalankan pola hidup sehat. Jika kita menyadari akan bahaya komplikasi obesitas, maka kita tentunya akan berupaya menjalankan pola hidup sehat tersebut. Pola hidup sehat sendiri yakni dengan menjaga asupan nutrisi seperti makanan dan minuman yang sehat, aktif bergerak dan berolahraga, menghindari stres, dan masih banyak lagi.

Namun ketika kamusudah terlanjur memiliki kelebihan berat badan, kamu tidak boleh putus asa. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan supaya berat badan kamu kembali normal. Adapun cara yang paling umum dilakukan yakni menjaga pola makan seperti meningatkan asupan protein dan serat. Berolahraga secara rutin dan teratur juga menjadi cara yang banyak dianjurkan oleh ahli kesehatan.

Dalam hal makanan, ada beberapa makanan yang bisa menurunkan berat badan yang bisa kamu catat untuk dijadikan menu harian. Seperti buah-buahan, sayuran hijau, kentang dan masih banyak lagi. Terdapat pula beberapa minuman yang bisa menurunkan berat badan seperti air putih, kopi, air jahe, jus buah tanpa gula, jus sayur dan teh.

Pilihan Teh Penurun Berat Badan Terbaik

Teh Penurun Berat Badan Terbaik
Teh Hijau

Untuk teh sendiri terdapat beberap jenis teh yang bisa membantu program penurunan berat badan kamu. Berikut Adalah beberapa jenis teh untuk diet yang bisa kamu coba di rumah.

1. Teh Hijau (Green Tea) – Teh Penurun Berat Badan Terbaik

Teh hijau atau green tea sudah populer sejak lama sebagai teh untuk diet yang efektif membantu menurunkan berat badan. Manfaat teh hijau untuk diet ini bahkan sudah memiliki bukti substansial.

Sebuah studi (2008) yang melibatkan 60 orang untuk mengikuti diet strandar selama 12 minggu yang secara teratur minum teh hijau. Hasilnya para peserta yang minum teh hijau selama penelitian kehilangan berat badan sebanyak 3,3 kg daripada mereka yang tidak minum teh hijau.

Teh hijau sendiri mengandung antioksidan yakni epigallocatechin gallate (EGCG) yang tergolong ke dalam kelompok katekin. Senyawa ini dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh serta meningkatkan pembakaran lemak.

Penelitian juga menunjukkan bahwa katekin dari teh hijau dapat mengobati sindrom metabolik. Bahkan senyawa ini memiliki efek positif terhadap manajemen berat badan setelah diet.

Cara minum teh hijau untuk diet yakni diminum selagi hangat sebanyak 2 – 3 kali sehari. Disarankan untuk tidak menambahkan bahan lain seperti gula, susu ataupun madu supaya hasilnya lebih optimal.

Sebab menambahkan pemanis tentunya akan meningkatkan kandungan kalori. Selain itu usahkan untuk tidak minum teh hijau sebelum tidur karena kandungan kafeinnya akan membuat kita sulit tidur.

2. Teh Hitam (Black Tea)

Teh hitam merupakan teh yang terbuat dari bahan yang sama dengan teh hijau yakni Camellia sinensis. Warna hitam pada teh ini didapatkan melalui proses oksidasi. Teh hitam juga bisa kita manfaatkan sebagai teh untuk diet.

Teh hitam mengandung senyawa penting untuk menurunkan berat badan seperti flavonoid, kafein. Flavonoid yang terkandung pada teh hitam yang disebut theaflavin dan thearubigin. Flavonoid berperan dalam meningkatkan pembakaran kalori sehingga memungkinkan untuk menurunkan berat badan.

Kandungan kafein pada teh hitam bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme. Metabolisme yang baik berarti pengolahan zat gizi dari makanan menjadi energi juga berjalan baik. Sehingga pada saat menjalankan diet, tubuh kita tetap berenergi sepanjang hari. Selain itu teh hitam juga rendah kalori sehingga dapat membantu mengurangi asupan kalori.

Untuk cara minum teh hitam yang baik yakni disarankan tanpa menambahkan gula atau pemanis lainnya. Sebaiknya diminum sebelum makan sebab dapat membuat kamu merasa lebih kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

3. Teh Oolong

Teh oolong merupakan teh yang berasal dari pegunungan Tiongkok yang diolah melalui proses fermentasi. Sama dengan teh hijau dan teh hitam, teh oolong juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Dikatakan teh ini memiliki kemampuan untuk membantu membakar lemak lebih cepat dengan meningkatkan metabolisme. Metabolisme yang baik berarti tubuh kita memiliki proses peningkatan pembakaran lemak yang lebih baik sehingga membantu menurunkan berat badan.

Teh ini mengandung polifenol yang berperan dalam menghalangi enzim yang membangun lemak di tubuh. Dengan demikian lemak dalam tubuh tidak akan diserap melainkan dikeluarkan. Selain itu teh oolong juga memberikan efek menenangkan setelah bekerja seharian.

4. Teh Putih

Teh putih adalah daun teh yang diproses dengan cara dikeringkan setelah dipetik tanpa disangrai maupun dioksidasi. Sama halnya dengan teh hijau, teh hitam dan teh oolong, teh putih terbuat dari bahan yang sama yakni dari tanaman Camellia sinensis.

Teh putih dikatakan juga baik untuk diet. Pasalnya teh ini mengandung senyawa katekin yang bermanfaat untuk membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh. Penelitian menyebutkan bahwa ekstrak teh putih mampu menghancurkan lemak dan menghambat penumpukan lemak di dalam tubuh.

Studi lainnya juga menunjukkan manfaat teh putih untuk diet. Dimana studi tersebut menyebutkan bahwa minum teh putih rutin dapat menekan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme.

Itulah tadi beberapa teh penurun berat badan yang bisa kamu manfaatkan untuk mendukung program diet kamu. Semoga informasi pada artikel ini dapat menambah wawasan serta dapat berguna bagi kamu yang sedang menjalankan program diet.

Sumber referensi:

Sumber gambar:

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.