Manfaat & Khasiat Tanaman Vanili serta Cirinya

Friday, June 29th 2018. | Tanaman Obat

Manfaat & Khasiat Tanaman Vanili serta CirinyaTanaman vanili adalah tanaman tahunan yang termasuk dalam jenis tanaman anggrek dari sukuu (famili) Orchidaceae yang punya banyak sekali macam spesies (yakni lebih dari 1500 spesies).

Vanili (Vanilla planifolia) merupakan tanaman penghasil bubuk vanili yang dapat dijadikan sebagai pengharum makanan. Bubuk ini diperoleh dari buahnya yang bentuknya polong.

Tanaman vanili ini dikenal pertama kali oleh orang-orang Indian di Meksiko, sebagai negara asal tanaman tersebut. Nama daerah dari vanili merupakan Panili atau Perneli.

Bunga vanili yang sudah mekar cuma dapat bertahan satu hari. Bila bunga yang telah mekar itu tak segera dikawinkan, maka akan layu dan rontok. Oleh karena itu perlu sering keliling kebun untuk mengkontrol perkembangan tanaman vanili.

Tanaman vanili (Vanilla planifolia Andrews atau Vanilla fragrans) bukan merupakan tanaman asli Indonesia. Secara historis, tanaman tahunan ini baru masuk ke wilayah Indonesia sekitar tahun 1819. Namun, tanaman vanili tumbuh lebih subur dan juga lebih produktif di daerah Indonesia yang memiliki iklim tropis, dibanding dengan negara asalnya yakni Mexico dan negara produsen aslinnya. Bahkan, menurut Rosman (2005), kualitas vanili yang ada Indonesia dikenal dengan “Java Vanili” dan termasuk yang terbaik di Dunia.

  • CIRI-CIRI TANAMAN VANILI

Bagian BATANG

Batang tanaman vanili kira-kira sebesar jari, warna hijau, tekstur agak lunak, beruas dan juga berbuku. Panjang rata-ratanya 15 cm. Tumbuhan ini melekat pada pohon ataupun tonggak yang sudah disediakan.

Bagian DAUN

Daun vanili adalah daun tunggal. Letaknya berselang-seling pada bagian masing-masing buku. berwarna hijau terang, dengan panjang 10-25 cm dan lebar 5-7 cm. Bentuk daunnya pipih, berdaging, bulat telur, jorong maupun lanset dengan ujungnya lancip. Bentuk tulang daun sejajar, nampak setelah daun tersebut tua maupun mengering, sedang pada waktu daun masih muda tak jelas kelihatan.

Bagian BUNGA

Rangkaian bunga vanili merupkan bunga tandan yang terdiri dari 15 hingga 20 bunga. Bunga keluar dari ketiak daun di bagian pucuk batang. Bentuk bunga duduk, warna hijau-biru agak pucat, panjangnya 4 hingga 8 cm dan berbau agak harum.

Pada saat bunga mekar, panjang bakal buah sekitar 2 hingga 4 cm dengan garis tengah 5 mm.

Bunga vanili yakni terdiri dari 6 daun bunga (3 sepal, 3 petal) yang terletak pada dua lingkaran. Daun bunga di bagian luarr (sepal) sedikit lebih besarr dibandingkan bagiann dalam petal. Satu dari petalnyaa akan berubah bentuk, menggulung seperti corong yang dikenal bibir (rostelum).

Bagian AKAR

Akar tanaman vanili memiliki keunikan tersendiri jika dibanding dengan jenis tanaman yang lain. Tanaman ini memiliki 2 macam akar yang akan keluar dari setiap ruas batang, pertama yang biasanya disebut dengan akar gantung dan yang kedua ialah akar yang tersusun di dalam tanah.

Pertama, Akar Gantung, karenaa jenis akar ini selalu melekatt kuat pada tempatt ia merambat dan bergantungann diudara. Akar ini selamaa tak menyentuh sesuatu, maka akan tumbuh kesamping. Baru bila menyentuh sesuatu akan membelitkan diri sebagai berpegangan.

Kedua, akar yang tersusun dalam tanah. Ciri – cirinya ialah merupakann perakaran pendek dengann panjangnya yang kurang lebih 1 meterr dan tebalnyaa sekitar 3 mm, berwarna keputih – putihan, Akar – akar ini tumbuh menjalar pada lapisan permukaan, jadi tidak masuk kedalaman tanah, oleh karenanya disebut semi – terrestial.

Bagian BUAH dan BIJI

Buahnya berbentung polong, lunak, Warna buah awalnya hijau muda, kemudian hijau tua disertai dengan garis kuning menjelang masak. Buah yang sudah masak akan berwarna coklat tua. Bila dibiarkan masak di pohon, buah akan pecah jadi 2 bagian, dan menyebarkan aroma vanili.

Buah ini ada garis, bersiku 3 dan lurus memanjang, selain itu pada setiap buah akan menghasilkan biji didalamnya ada sekitar 5-10 biji bahkan lebih dengan warna hitam yang mengkilap, keras, dan bentuknya bulat pipih atau oval berukuran kira-kira 0,2 mm.

  • KANDUNGAN ZAT TANAMAN VANILI

Komponen cita rasa yang cukup khas dari biji vanilli ialah vanillin (4-hydroxy-3-methoxybenzaldehyde) yang tak lain adalah Kristal fenolik aldehid, dengann persentasee yakni sebesarr 85 % dari senyawa volatile yangg ada padaa buah vanilli. Besarnyaa kadar vanillin ialah parameter penting untuk menilai kualitas sebuah vanilli. Komponen lainnya ialah p-hidroksi benzaldehid (sampai 9 %) dan p-hidroksi benzyl metal eter (1 %). Disamping itu pula, khusus untuk vanilli Tahiti punya flavor berbeda karena adanya komponen tambahan yaitu piperonal (heliotropin, 3,4-dioksimetilen benzaldehid) dan juga diasetil (butandion).

Selain prekusor dan juga enzim pembentuk flavor, buah vanilli memiliki kandungan komponen zat gizi lengkap yang diantaranya meliputi protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan juga mineral. Menurut de Guzman dan Siemonsma (1999), per 100 g berat buah vanilli kering vanilla planifolia Andrews, memiliki kandungan 20 g air, 3 – 5 g protein, 11 g lemak, 7 – 9 g gula, 15 – 10 g abu, 1,5 – 3 g vanillin, 2 g soft resin dan juga asam vanilat yang tak berflavor.

  • KHASIAT DAN MANFAAT VANILI

Vanili lebih sering digunakan untuk pembuatan aroma dan rasa pada kue, puding, atau jenis makanan manis lainnya. Berikut ini merupakan kegunaan atau Manfaat tanaman vanili :

  • Mengurangi nafsu makan

Aroma vanili akan menjadikan Anda makan lebih sedikit. Hal ini karena wangi vanili yang ‘menipu’ otak. Aromanya menjadikan otak berpikir kalau Anda sudah makan lebih banyak dari yang sebenarnya. Jadi, tak ada salahnya untuk menghirup aroma vanili sebelum makan, untuk membantu dalam mengontrol nafsu makan.

  • Pengusir serangga

Vanili juga dapat digunakan untuk mengusir serangga. Nyamuk sangat tak suka dengan bau vanilii, maka Anda dapat menjadikan vanilii sebagai bahan penyemprott serangga yangg cukup aman dalamm rumah. Untuk pembuatannya campur aja 2 ons ekstrak vanili dengan 2 ons air dalam botol semprot kecil. Anda memiliki penangkal serangga yang wangi dan aman.

Artikel menarik lainnya:

 

  • Pengharum rumah

Untuk membuat rumah terkesan lebih hangat, aroma ini juga perlu diperhatikan. Tak perlu memakai pengharum ruangan buatan yang terbuat dari bahan bahan kimia. Manfaatkan aja minyak aroma terapi vanili. Bakarr minyak tersebut selamaa beberapa menit. Atau, Anda dapat mencampurkan minyakk dengan air dalam botoll penyemprot. kemudian, semprotkan di seluruh sudut bagian ruangan rumah.

  • Melembutkan kulit

Vanili memiliki kandungan antioksidan tinggi. Beberapa ahli kulit menggunakan vanili untuk melindungi kulit dari racun. Anda pun dapat membuat pembersih wajah sendiri yang terbuat dari bubuk vanila.

Sekian dan semoga bermanfaat.

advertisement

tags: