Bahan Alami Penghancur Batu Ginjal

Monday, April 2nd 2018. | Tanaman Obat

Bahan Alami Penghancur Batu Ginjal – Adapun Salah satu bagian tubuh yang banyak sekali fungsi dan manfaat pentingnya ialah ginjal. Ginjal amat penting untuk menyaring kotoran dan mengeluarkannya dalam bentuk urine atau biasa kita kenal air kencing. Ginjal ini punya banyak sekali manfaat dan termasuk sebagai organ vital yang terdapat dalam tubuh.

Seperti organ tubuh kita lainnya, ginjal ini kadangkala juga bisa mengalami gangguan. Salah satu gangguan yang bisa terjadi pada ginjal ialah batu ginjal. Batu ginjal adalah salah satu gangguan yang tak jarang terjadi di kalangan masyarakat luas. Batu ginjal adalah sebuah gangguan yang bisa menyerang siapa pun tanpa terkecuali pria maupun wanita. Pada kesempatan ini kami akan membahas lebih lanjut tentang penyebab batu ginjal dan juga cara menanggulanginya.

Bahan Alami Penghancur Batu Ginjal

Pengertian Batu Ginjal

Batu ginjal adalah sebuah kondisi terbentuknya material keras yang mirip batu di dalam ginjal. Material ini asalnya dari sisa zat limbah yang terdapat dalam darah yang dipisahkan oleh ginjal kemudian mengendap dan akhirnya mengkristal seiring berjalannya waktu. Terdapat  berbagai penyebab terjadinya endapan batu tersebut. Salah satu penyebabnya ialah makanan dan juga masalah kesehatan.

Baca juga; Manfaat tanaman asoka, manfaat tanaman akar wangi, manfaat tanaman fenugreek

Penyebab Batu Ginjal

Batu ginjal ini adalah penyakit yang bisa menyerang siapa aja. Utamanya bagi seseorang yang tidak menjaga pola hidup sehat dan makanan sehat. Penyakit batu ginjal adalah salah satu penyakit ginjal yang diakibatkan oleh berbagai faktor. Secara umum faktor yang dapat menyebabkan timbulnya batu ginjal ialah kurangnya konsumsi air. Kurangnya asupan air yang ke dalam tubuh akan menyebabkan timbulnya penyakit batu ginjal. Maka dari itu orang yang jarang minum biasanya lebih berisiko terkena penyakit batu ginjal dibanding orang yang sering minum. Berdasarkan penyebabnya batu ginjal ini dapat dibagi menjadi 4 jenis utama, yakni:

Batu Kalsium. Batu kalsium ini bisa muncul karena tingginya kadar kalsium yang ada di dalam urine. Jenis batu ginjal ini adalah jenis batu ginjal yang sering muncul dan umum terjadi. Tingginya kadar kalsium berasal dari jenis makanan yang banyak kandungan oksalat maupun vitamin D. Beberapa jenis makanan yang mengandung oksalat atau vitamin D ini antara lain teh, cokelat, kopi, kacang kedelai, hati sapi, dan tiram. Tingginya kadar kalsium dalam tubuh juga bisa diakibatkan oleh kelenjar paratiroid yang terlalu aktif dalam tubuh.

Batu Asam Urat. Jenis batu ginjal ini yang terbentuk akibat tingginya kadar asam urat yang terdapat dalam urine. Tingginya kadar asam urat diakibatkan oleh pengonsumsian makanan yang memiliki kadar purin tinggi. Beberapa makanan yang bisa menyebabkan tingginya asam urat dalam tubuh ialah kerang-kerangan, jeroan dan daging kambing.

Batu Struvit. Adalah jenis batu ginjal yang bisa terbentuk karena infeksi saluran kemih yang tak diobati ataupun infeksi saluran kemih yang dibiarkan begitu saja. Jenis batu ini bisa terbentuk dan membesar secara cepat. Wanita lebih berisiko menderita jenis batu ini dibanding laki-laki.

Batu Sistin. Jenis batu ginjal ini ialah batu sistin. Batu ginjal ini bisa terbentuk karena terlalu banyak asam amino sistin yang dikeluarkan oleh ginjal. Batu sistin ini merupakan jenis batu ginjal yang cukup jarang ditemukan. Terbentuknya batu ginjal jenis ini diakibatkan oleh penyakit yang dikenal dengan sistinuria. Meski demikian, siapa pun dapat terserang penyakit batu ginjal jenis ini.

Baca juga ; Tanaman obat untuk bersih darah, tanaman obat untuk stroke, tanaman obat untuk rambut rontok

Gejala Batu Ginjal

Terdapat beberapa gejala penyakit batu ginjal. Gejala batu ginjal ini baru akan terasa saat batu memiliki ukuran yang lebih besar keluar dari ginjal menuju ke ureter. Ureter sendiri adalah saluran yang menghubungkan antara ginjal dengan kandung kemih. Ureter ini adalah organ yang memiliki bentuk tabung dan punya bagian jaringan yang sensitif. Jika batu ginjal yang memiliki ukuran besar melewati ureter, maka batu tadi akan bergesekan dengan dinding ureter. Hal ini dapat menimbulkan timbulnya iritasi dan bahkan membuat luka. Hal seperti ini yang kadangkala menyebabkan urine yang keluar mengandung darah. Terlebih lagi bila ukuran batu tersebut besar, maka batu bisa aja tersangkut dalam ureter dan akan menghambat urine yang mengalir dari ginjal.

Beberapa gejala penyakit batu ginjal, diantaranya :

  • nyeri pada bagian punggung bagian bawah
  • nyeri pada bagian perut
  • nyeri pada bagian selangkangan
  • nyeri pada bagian pinggang
  • muncul rasa sakit saat kencing
  • sering buang air kecil
  • umumnya penderita sulit istirahat dengan tenang
  • urine yang dikeluarkan terlihat keruh seperti kecoklatan ataupun kemerahan karena pendarahan pada saat batu ginjal melewati saluran kemih
  • sering mual dan juga muntah

Bila saluran kandung kemih tersumbat, maka akan merasa kesulitan untuk buang air kecil dan akan timbul rasa sakit atau rasa nyeri karena batu kemungkinan sudah tidak berada di saluran kemih. Bila hal ini terjadi dan tidak segera ditangani, maka akan berisiko mengalami kencing darah yang terasa sakit.

Makanan dan Minuman Alami Penghancur Batu Ginjal

Salah satu cara dalam menangani batu ginjal ialah dengan menghancurkan atau meluruhkan batu ginjal. Penghancuran batu ginjal bisa dilakukan dengan berbagai cara. Ada yang memakai obat kimia, terapi memakai alat-alat tertentu, ataupun memanfaatkan bahan-bahan alami. Bagi seseorang yang menghindari efek samping obat-obatan maupun menghindari efek buruk dari suatu obat / bahan kimia, bisa pula memakai bahan-bahan alami dalam menghancurkan batu ginjal. Terdapat beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menghancurkan batu ginjal ini, diantaranya :

  1. Buah Semangka

Buah Semangka adalah buah segar yang banyak disukai orang. Semangka ini merupakan buah yang punya banyak kandungan air. Bahkan saat makan buah semangka ini kita serasa sedang minum. Buah semangka juga bisa menjadi bahan makanan alternatif bagi Anda yang sulit minum. Dengan banyak mengkonsumsi buah semangka yang kaya air ini maka batu ginjal akan mudah luruh dari dalam saluran kandung kemih. Mengkonsumsi buah semangka juga dapat membantu membilas bagian dalam ginjal tanpa adanya rasa sakit. Untuk memperoleh manfaat dari buah semangka, kita cukup mengkonsumsi sebanyak 300-500 gram/hari. Tapi perlu diperhatikan juga tentang takaran buah semangka. Namun yang perlu diperhatikan bahwa jangan terlalu banyak makan semangka, karena jika mengonsumsi buah semangka berlebihan akan memicu tekanan darah rendah dan bisa memicu diare.

  1. Apel

Buah Apel telah dikenal sebagai buah yang punya rasa asam manis yang segar dan mengandung banyak manfaat. Buah apel ini sudah dikenal sebagai obat berbagai penyakit yang mujarab. Salah satu manfaat yang terdapat dalam buah apel ialah untuk meluruhkan batu ginjal. Batu ginjal ternyata dapat diluruhkan dengan mengonsumsi apel. Apel mampu meluruhkan batu ginjal sebab terdapat kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah apel. Beberapa zat antioksidan ini berupa vitamin A dan vitamin C. Jenis vitamin tersebut mampu meluruhkan adanya batu ginjal.

Cara mengonsumsi buah apel agar supaya dapat meluruhkan batu ginjal bisa keluar ialah mengkonsumsi 2 buah apel segar secara rutin setiap harinya. Bila bosan mengkonsumsi buah apel setiap hari, maka bisa disubstitusi dengan mengkonsumsi sari cuka apel sebagai minuman segar. Tapi perlu diingat bahwa saat minum sari cuka apel, hindarilah terlalu banyak gula. Hal ini karena sari cuka apel telah mengandung banyak gula. Gula sendiri juga memiliki sifat yang tak baik jika dikonsumsi terlalu banyak.

  1. Asparagus

Asparagus adalah salah satu sayuran yang memiliki tunas. Asparagus ini meski belum terlalu banyak diketahui dan dipergunakan oleh masyarakat kita, akan tetapi saat ini sudah mulai banyak tersedia di berbagai supermarket. Asparagus punya kandungan senyawa asparagin. Senyawa asparagin adalah sebuah senyawa yang berguna untuk memecah batu ginjal sehingga akan memudahkan batu ginjal untuk keluar dari saluran kandung kemih. Mengkonsumsi asparagus secara rutin setiap harinya, maka akan amat baik bagi kesehatan, utamanya bagi yang punya penyakit batu ginjal.

  1. Anggur

Anggur juga sangat bermanfaat untuk meluruhkan batu ginjal. Selain memiliki rasa yang enak dan segar, buah anggur rupanya juga punya berbagai kandungan nutrisi yang bisa menyembuhkan jenis penyakit secara alamiah. Adapun salah satu penyakit yang bisa disembuhkan dengan buah anggur ialah batu ginjal. Cara untuk memperoleh manfaat dari anggur untuk dapat menyembuhkan batu ginjal ialah dengan mengkonsumsi anggur serta kulit dan bijinya. Hal ini dikarenakan biji anggur justru terdapat lebih banyak kandungan antioksidan yang berguna sebagai penyembuh penyakit daripada daging pada buah anggur sendiri.

  1. Bunga Dandelion

Barangkali sebagian dari kita masih terasa asing dengan nama bunga yang satu ini. Tapi yang pasti, bunga dandelion ini adalah termasuk tumbuhan herbal yang memiliki fungsi untuk mengatasi masalah batu ginjal. Cobalah untuk mengkonsumsi bunga dandelion ini dengan cara mengubahnya menjadi sebuah ramuan khusus.

  1. Minyak Zaitun dan Jus Lemon

Paduan antara minyak zaitun yang dicampurkan dengan jus lemon akan menjadi minuman yang menyegarkan. Selain itu juga bisa menjadi minuman yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Paduan antara kedua bahan ini telah dikenal berkhasiat dalam mengurangi keluhan batu ginjal dalam waktu 24 jam. Cara pembuatannya juga cukup mudah, yakni dengan mencampurkan minyak zaitun dan jus lemon dengan perbandingan sama dan minumlah secara teratur 1 kali hari saat menjelang tidur malam.

  1. Ceri

Ceri adalah buah yang imut, kecil, dengan warna merah. Umumnya ceri ini dipakai sebagai hiasan cake dan ditaruh di atasnya. Tahukah Anda bahwa ceri ini memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit ginjal. Cobalah untuk melakukan terapi untuk mengeluarkan batu ginjal dengan memanfaatkan buah ceri.

  1. Berry

Buah berry adalah buah yang dikenal akan kelezatannya. Buah berry ini umumnya memiliki bentuk yang imut dan kecil. Buah berry cukup banyak jenisnya, diantaranya: blueberry, cranberry, stroberi, blackberry, dan sebagainya. Jenis buah berry yang banyak kandungan manfaat dalam mengatasi penyakit ginjal ialah cranberry dan blueberry.

Penanganan Batu Ginjal

Pengobatan batu ginjal dapat dibedakan jadi 2 macam bila dilihat dari ukuran batunya, yakni:

  1. Tanpa Operasi

Batu yang berukuran kecil masih bisa disembuhkan dengan cara mengeluarkannya dari kandung kemih tanpa perlu operasi. Untuk menangani batu yang berukuran kecil ini dokter biasanya menyarankan untuk melakukan pengobatan selayaknya cara untuk mencegah batu ginjal, yakni dengan banyak mengkonsumsi air putih setiap harinya. Dengan adanya aliran cairan secara rutin dan konsisten, maka diharapkan batu ginjal yang berukuran kecil tersebut bisa terdorong keluar dari kandung kemih dengan alami. Akan tetapi, bila air putih ini dirasa belum cukup maka dokter akan menyarankan untuk pengonsumsian obat tertantu.

  1. Operasi

Pengobatan berikutnya ialah dengan melakukan operasi. Pengobatan dengan melakukan operasi ini lebih jarang dilakukan dan cuma dilakukan bila ukuran batu telah lumayan besar sehingga akan menyumbat saluran kandung kemih. Jika tidak segera ditangani maka dikhawatirkan kondisi ini akan menimbulkan permasalahan kesehatan yang lebih parah.

Demikianlah penjelasan kami mengenai batu ginjal, yang telah dibahas dari pengertian, penyebab, gejala, dan juga cara penanganannya. Utamanya beberapa makanan dan minuman yang bisa dimanfaatkan untuk meluruhkan batu ginjal yang ada di dalam tubuh. Bila Anda atau keluarga menderita batu ginjal maka bisa mencoba untuk mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut di atas. Demikian dan semoga lekas sembuh, salam bahagia untuk keluarga tercinta.

advertisement

tags: