5 Tanaman Liar yang dapat dijadikan obat mujarab

Friday, May 4th 2018. | Tanaman Obat

Tanaman Liar obat mujarab – Indonesia kaya akan tanaman alamnya, salah satunya ialah jenis tanaman obat. Selama ini, kita sudah seringkali diperdengarkan tentang tanaman obat keluarga (toga) yang amat mudah tumbuh di sekitar rumah kita.

Namun, kali ini tidak kalah dengan toga, terdapat beberapa jenis tanaman yang biasa tumbuh liar di sekitar pekarangan / rumah kita rupanya menyimpan ragam manfaat sebagai obat mujarab yang dapat membasmi berbagai jenis penyakit. Tak jarang tanaman liar ini umumnya hidup sebagai parasit di tanaman kita yang lain.

Pada Buku Pintar Tanaman Obat, membahas tentang 431 Jenis Tanaman Penggempur Aneka Penyakit, berikut ini adalah 5 jenis tanaman liar yang rupanya menyimpan khasiat obat yang sangat mujarab.

1. Alang-alang

Seringkali tumbuh liar di lahan-lahan kosong, alang-alang yang memiliki nama ilmiah Imperata Cylindrica ini rupanya dapat menjadi obat mujarab.

Akar alang-alang memiliki kandungan fernenol, silindrin, arundonin, kampesterol, stigmasterol,  simiarenol, beta-sitosterol, asan klorogenat, skopoletin, katerol, dan sejumlah besar kalsium.

Dengan berbagai kandungan bahan kimia alami ini, akar alang-alang mengandung beberapa manfaat khasiat sepertii diuretik, penenang saraf, penurun panas, dan juga sebagai penyejuk (astringen). Tak cuma itu, akar alang juga berguna sebagai peluruh air seni, untuk mengatasi demam dan panas dalam.

2. Bakau

Tak cuma berfungsi sebagai penahan erosi, tanaman yang biasa tumbuh tinggi sekitar 1-25 meter ini menyimpan manfaat obat yang mungkin tidak pernah kita duga. Biasa tumbuh liar dengan akar yang tak beraturan pada wilayah hutan mangrove, daerah berlumpur, juga pesisir pantai, sungai, bakau memiliki kandungan zat samak.

Kandungan ini menjadikannya berkhasiat untuk obat disentri, melangsingkan badan, homeostasis, dapat menghentikan pendarahan, dan juga antiseptik. Bagian tanaman bakau yang dapat dipakai sebagai obat ialah kulit batang dan daunnya.

3. Benalu

Tanaman yang hidupnya menjadi parasit dengan cara menempel pada dahan pohon lain ini rupanya menyimpan ragam manfaat sehat untuk kita. Benalu hidup tak membutuhkan tanah, dia hidup dengan cara menempel pada pohon lain dan dapat menyerap mineral dari pohon yang ditempelinya tadi.

Benalu yang menempel pada jenis tanaman tertentu seperti teh bisa dipakai sebagai obat antikanker. Sedangkan benalu yang biasa menempel pada pohon jeruk nipis bisa dibuat sebagai ramuan untuk obat amandel.

Jenis benalu ini pada umumnya bisa dipakai sebagai obat penyakit campak. Namun masih belum ada kajian ilmiah mendalam untuk memastikan hal itu. Bagian benalu yang dipakai sebagai obat ialah batang.

4. Beluntas

Tanaman beluntas merupakan jenis tanaman yang semak yang umumnya tumbuh tegak dan dapat mencapai tinggi hingga sekitar 2 meter. Tanaman ini punya banyak cabang, memiliki rusuk yang cukup halus dan daunnya memiliki bulu yang juga lembut.

Pada seluruh bagian tanaman beluntas ini, baik dalam bentuk segar ataupun dikeringkan bisa digunakan sebagai obat. Beluntas memiliki kandungan alkaloid dan juga minyak atsiri, dan ekstrak akarnya memiliki kandungan fraksi metanol.

Daun beluntas bisa dipakai untuk menurunkan panas, juga menyembuhkan radang dan antiluka. Selain pula, beluntas bermanfaat juga sebagai TBC kelenjar leher, obat skabies, penambah nafsu makan, membantu organ pencernaan, menghilangkan masalah bau badan, obat sakit perut, mengatasi sakit pinggang, dan juga sebagai obat batuk.

Air rebusan daun dan batangnya bisa untuk meredakan asma dan masalah gangguan paru-paru lainnya. Tak cuma itu, beluntas juga bisa digunakan sebagai aromaterapi dan juga stimulan, menguatkan saraf bila dipakai sebagai campuran berendam di air hangat.

5. Bakung putih

Bakung putih merupakan tanaman berbatang basah, tapi kuat. Tingginya dapat mencapai 1,25 meter dan umumnya tumbuh liar di hutan atau dapat pula dijadikan tanaman hias. Tanaman ini biasa hidup si daerah dengan ketinggian 700dpl utamanya di lokasi yang teduh dan juga lembap.

Bagian tanaman yang dapat digunakan sebagai obat ialah akar, umbi lapis, biji dan daun. Tanaman yang juga punya bunga warna putih yang indah ini memiliki kandungan alkaloid dan licorine (emitikum). Getah umbi lapisnya memiliki sifat peluruh muntah. Akar bakau putihnya bersifat antiracun, dan pada bagian daunnya bersifat diuretik.

Sekian ulasan kami tentang 5 Tanaman Liar yang dapat dijadikan obat mujarab, semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam.

advertisement

tags: