Manfaat & Khasiat Lengkuas Laos Untuk Tubuh

Wednesday, May 23rd 2018. | Rimpang

Tanaman Obat – Lengkuas atau lebih dikenal dengan Laos ini boleh dibilang sudah cukup familar bagi telinga kita. Selain mudah didapat, lengkuas juga dibutuhkan pada kehidupan sehari – hari sebagai tanaman rempah atau bumbu masakan. Lengukas mempunyai nama ilmiah Alpinia galanga dan masih termasuk dalam klasifikasi tanaman yang berkerajaan Plantae sehingga dibilang berkeluarga dengan kunyit dan lain – lainnya. Tanaman ini bisa kita jadikan salah satu tumbuhan yang bisa kita tanam dipekarangan sebagai alternatif obat atau apotik hidup.

Manfaat Dan Khasiat Lengkuas Untuk Tubuh

Manfaat Dan Khasiat Lengkuas Untuk Tubuh

Yang paling banyak dimanfaatkan dari tanaman obat lengkuas ini adalah rimpangnya, jika sobat tidak mengerti dengan rimpang maka boleh saja disebut dengan umbinya. Manfaat bagi kesehatan pun sangat banyak sehingga sobat tidak perlu membeli obat kimia dikarenakan obat alternatif lengkuas ini bisa jadi salah satu pilihan.

Beberapa manfaat kesehatan yang bisa kita dapat dari lengkuas adalah :

– Mengobati penyakit kulit seperti panu, kadas dan kurap
– Sebagai antifungi
– Berfungsi sebagai antibakteri

 Manfaat lengkuas memang hanya tak sebatas untuk kesehatan tersebut, tanaman ini juga sangat membantu ibu Рibu yang suka memasak, Terutama pada masakan yang berkuah. Cukup sekian dulu ya tentang Manfaat Dan Khasiat Lengkuas Untuk Tubuh. semoga keterangan diatas bisa membantu.

Manfaat Kemiri bagi kesehatan dan efek sampingnya

Manfaat dan Khasiat Lengkuas untuk Mengatasi Rematik

Salah satu Manfaat lengkuas atau dikenal pula dengan sebutan laos (Alpinia galanga) ialah bisa dipakai untuk penyedap dan bumbu berbagai masakan. Tapi manfaat lengkuas tak hanya sebatas itu saja, ada ragam khasiat yang dapat Anda peroleh dari lengkuas untuk menjaga kesehatan tubuh.

Salah satu manfaat yang bisa Anda peroleh dari lengkuas, ialah dapat mengatasi arthritis dan rematik. Hal ini dikarenakan lengkuas punya kandungan senyawa yang bersifat anti inflamasi atau mencegah peradangan serta mampu memperlancar aliran darah.

Manfaat dan Khasiat Lengkuas untuk Mengatasi Rematik2

Salah satu sumber menyebutkan, anda hanya perlu menyiapkan lengkuas sebesar ibu jari dan 1 butir telur ayam kampung untuk membuat ramuan jamu tradisional yang akan mengatasi / mengobati rematik. Caranya cukup mudah, lengkuas dihaluskan terlebih dahulu dengan cara diparut dan diambil sarinya, lalu dicampur dengan satu butir ayam kampung yang cuma diambil kuningnya saja.

Setelah campuran tadi sudah jadi, minumlah langsung jamu ini dan lakukan sehari sekali setiap hari sampai penyakit rematik berangsur membaik dan akhirnya sembuh. Sobat juga dapat menambah 1-2 sendok madu untuk menetralisir rasa yang kurang enak pada jamu karena madu juga memiliki khasiat menyembuhkan dan bias menjadi obat alami yang sudah dipakai sejak dahulu.

Selain dapat dipakai untuk mengobati rematik dan arthritis, lengkuas juga dapat mengobati penyakit kulit seperti panu. Caranya, cukup dengan mengiris lengkuas lalu oleskan ke panu atau bisa pula diparut dahulu dan dibubuhkan langsung ke daerah yang gatal kulit tadi. Sekian informasi kami semoga bermanfaat.

advertisement

tags:
tags: Tanaman toga laos kemiri