Cari disini

Petai Cina

Kategori: Klasifikasi dan Morfologi Tumbuhan, Tanaman Obat
Tanaman Petai Cina
Berikan nilai untuk postingan ini

Mengenal Tanaman Petai Cina

Petai cina, lamtoro atau kemlandingan (Leucaena leucocephala) merupakan tumbuhan perdu tahunan yang termasuk dalam suku polong-polongan (Fabaceae). Lamtoro berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan diperkirakan mulai masuk ke Indonesia sejak ratusan tahun yang lalu. Lamtoro atau petai cina dikenal dalam berbagai bahasa daerah yakni sebagai berikut.

Nama Lain Petai Cina

MinangPatai Cino
MelayuPete cina
SundaKemalandingan, pĕlĕnding, peuteuy sélong
JawaTembara/temboro, kemlandingan, mètir, lamtoro dan lamtoro gung
MaduraKalandhingan, lantoro
MalaysiaPetai belalang, petai jawa
Papua NuginiLamandro
FilipinaIpil-ipil, elena, kariskis
ThailandKrathin
InggrisLeucaena, white leadtree
PrancisLeucaene, faux mimosa
Nama Lain Petai Cina

Klasifikasi Petai Cina

KingdomPlantae
DivisiTracheophyta
UpadivisiSpermatophytina
OrdoFabales
FamiliFabaceae
UpafamiliMimosoideae
TribusMimoseae
GenusLeucaena
SpesiesLeucaena leucocephala
Klasifikasi Petai Cina

Morfologi Petai Cina

HabitusPerdu, tahunan, tinggi 2-5 m.
BatangBerkayu, penampang bulat, bercabang, hijau kecoklatan.
DaunMajemuk, bentuk menyirip, anak daun, bulat telur, panjang 6-25 cm, lebar 2-5 cm, ujung runcing, tepi rata, pangkal tumpul, hijau.
BungaBongkol, kelopak bentuk lonceng, hijau, benang sari sepuluh, panjang + 1 cm, daun mahkota lepas, bentuk lanset, panjang ± 5 mm, tangkai panjang, putih kekuningan.
BuahPolong, bentuk lanset, panjang 8-18 cm, lebar ± 2 cm, masih muda hijau setelah tua hitam.
BijiBulat telur, masih muda hijau setelah tua coklat.
AkarTunggang, kuning kecoklatan.
Morfologi Petai Cina
Lamtoro / Petai Cina
Lamtoro / Kemlandingan

Terdapat 3 jenis subspesies lamtoro yakni Leucaena leucocephala ssp. leucocephala, Leucaena leucocephala subsp. glabrata dan Leucaena leucocephala subsp. ixtahuacana CE Hughes. Leucaena leucocephala ssp. leucocephala adalah jenis yang kita sebut dengan petai cina yang dapat tumbuh hingga 5 meter.

Leucaena leucocephala subsp. glabrat atau dikenal juga dengan nama lamtoro gung memiliki pohon, daun, bunga, buah yang lebih besar dibandingkan dengan jenis yang pertama. Sedangkan Leucaena leucocephala ssp. leucocephala yakni penyebarannya terbatas yakni hanya di Meksiko dan Guatemala.

Lamtoro sudah sejak lama dimanafaatkan sebagai pohon peneduh, pencegah erosi, kayu bakar dan pakan ternak. Selain itu tanaman ini juga biasa dimanfaatkan sebagai pupuk hijau yakni dengan cara membenamkan daun pangkasnya sebagai pupuk dalam tanah.

Daun dan ranting muda merupakan sumber protein yang baik bagi hewan ternak seperti sapi dan kambing. Daun dan ranting muda tersebut memiliki tingkat ketercernaan 60 hingga 70% pada ruminansia. Ini merupakan yang tertinggi di antara jenis-jenis polong-polongan dan hijauan pakan ternak tropis lainnya.

Selain itu tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Dimana bijinya biasa dijadikan sebagai bahan tempe dan daunnya sering di tambahkan sebagai penyedap di dalam sayuran. Secara tardisional, tanaman ini juga telah digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Seperti peluruh air seni (diuretik), obat cacing, obat kuat, obat diabetes / kencing manis, obat luka, dan lain sebagainya.

Manfaat Petai Cina untuk Kesehatan

Lamtoro mengandung sejumlah senyawa seperti mimosin, leukanin, leukanol, protein, alkaloid, saponin, flavonoid, tanin, protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, dan sejumlah vitamin (A, B1, dan C). Kandungan inilah yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat petai cina untuk kesehatan.

1. Obat Luka

Manfaat petai cina yang pertama yakni sebagai obat luka. Secara tradisional daun lamtoro ini sering digunakan untuk mengatasi peradangan, luka terbuka, dan bengkak. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa saponin dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka terbuka dan di dalam tubuh.

Saponin sendiri adalah senyawa yang dapat memicu pembentukan kolagen. Kolagen merupakan protein yang berperan penting dalam penyembuhan dan pembersihan luka.

2. Obat Diabetes

Manfaat petai cina yang selanjutnya yakni sebagai obat diabetes. Ekstrak biji lamtoro ini dapat bertindak sebagai agen penurun gula darah dan menunjukkan efek anti-diabetes.

Penelitian menunjukkan penurunan kadar glukosa darah tikus diabetes yang berarti sebesar 27,28 mg/dL dan 43,72 mg/dL. Penelitian lainnya juga menyimpulkan bahwasanya ekstrak air dari lamtoro menunjukkan efek anti-diabetes yang signifikan setelah diberikan secara oral.

3. Obat Cacing

Manfaat yang selanjutnya yakni sebagai obat cacing. Kandungan senyawa pada tanaman ini dipercaya dapat membunuh cacing seperti cacing gelang dan cacing cincin di dalam tubuh. Bagian tanaman yang biasa digunakan sebagai obat cacing adalah bagian pucuk dan bijinya. Kita bisa mengonsumsinya secara langsung atau ditambahkan ke dalam masakan.

4. Obat Kuat Alami

Bagi Anda para pria yang ingin meningkatkan gairah seks Anda secara alami, maka ramuan obat kuat dari tanaman ini patut anda coba. Caranya yakni dengan mencampur satu sendok makan biji petai cina, 1 sendok makan lada hitam kasar, dua butir kuning telur ayam mentah dan 1 sendok makan madu.

5. Mengatasi Penyakit Kulit

Manfaat petai cina yang selanjutnya yakni membantu mengurangi peradangan di kulit akibat penyakit psoriasis. Kandungan saponin pada tanaman ini dapat mengahsilkan kolagen yang membantu mengurangi bengkak dan peradangan yang diakibatkan oleh psoriasis.

Caranya yakni dengan menumbuk daun lamtoro sampai halus dan menempelkannya pada kulit yang mengalami gejala. Diamkan selama beberapa menit hingga gejala psoriasis mereda.

Itulah tadi informasi tentang tanaman petai cina beserta nama lain, klasifikasi, morfologi dan manfaatnya bagi kesehatan. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita bersama.

Sumber referensi:

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Lamtoro
  2. https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-petai-cina/
  3. https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-petai-cina

Sumber gambar:

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *