Cari disini

Pegagan

Kategori: Klasifikasi dan Morfologi Tumbuhan
Tanaman Pegagan
Berikan nilai untuk postingan ini

Mengenal Tanaman Pegagan

Pegagan merupakan tanaman liar yang umumnya tumbuh di tanah yang agak lembap. Termasuk dalam golongan tanaman terna atau batangnya lunak karena tidak membentuk kayu. Biasanya tanaman ini bisa dijumpai di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah.

Tanaman ini umum juga dikenal dengan nama daun kaki kuda dan antanan. Dimana pada beberapa daerah memanfaatkan sebagai sayuran. Selain sebagai sayuran, tanaman obat ini juga bermanfaat untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Beberapa manfaat tanaman pegagan yakni obat luka, obat maag dan kembung, obat demam, penambah nafsu makan, obat mata dan masih banyak lagi.

Pegagan
Pegagan

Klasifikasi dan Morfologi

Nama Ilmiah
Centella asiatica
Nama Daerah
Sumatera: Daun kaki kuda, daun aga, pegaga, dan ambun
Jawa: Gagan-gagan, ganggagan, kerok batok, pantegowang, panigowang, dan rending
Sunda: Antanan, antanan gede, dan calingan rambat
Madura: Kos-tekosan
Bugis: Tungke – tungke, Wisu – wisu, dan Cipubalawo
Maluku: Koloditi menorah dan saaroeti
Halmahera: Kori-kori
Klasifikasi
Kingdom : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Kelas : Dicotyledone
Ordo : Umbillales
Famili : Umbilliferae (Apiaceae)
Genus : Centella
Spesies : Centella asiatica
Morfologi
Batang: Mempunyai rizoma pendek sabagai batang yang tumbuh merambat dengan stolon (geragih). Panjangnya sekitar 10 hingga 50 cm.
Daun: Daunnya berbentuk ginjal dan bagian tepinya bergerigi. Daun tumbuh di bagian rizoma dengan panjang tangkai daun sekitar 50 mm.
Bunga: Bunga berbentuk payung biasanya terdapat 3 bunga yang berwarna putih atau merah muda. Bunga muncul di bagian ketiak daun. Panjang gagang bunga sekitar 5 hingga 50 mm.
Buah: Bentuk buah lonjong dan kecil-kecil dengan panjang 2-2.5 mm dan lebar 7 mm.. Memiliki bau yang harum tapi rasanya pahit.
Akar: Akar keluar disetiap buku dan merupakan akar tunggang dan serabut. Panjang akar sekitar 10 cm.
Kandungan
Daun kaki kuda ini mengandung berbagai senyawa penting yang bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan tersebut yakni asiaticoside, thankunside, isothankunside, madecassoside, brahmaside, brahmic acid, modasiatic acid, meso-inositol, centellose, dan carotenoids. Tanaman obat ini juga mengandung garam- garam mineral seperti kalium, natrium, kalsium, besi, vellarine, tannin, resin, pektin, gula, protein, fosfor, vitamin B sedikit vitamin C dan sedikit minyak atsiri.
Manfaat
Manfaat pegagan yakni sebagai obat luka, obat maag dan kembung, obat demam, penambah nafsu makan, obat asma, obat batuk, obat sariawan, obat wasir dan masih banyak lagi. Selain itu tanaman herbal ini juga bermanfaat sebagai obat mata alami yang obat tetes mata dari pegagan.
Klasifikasi dan Morfologi Pegagan

Sumber referensi:

7 comments

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.