Cari disini

Olahraga Menurunkan Berat Badan Berdasarkan Penelitian

Kategori: Informasi Kesehatan
Olahraga Menurunkan Berat Badan
Berikan nilai untuk postingan ini

Olahraga menurunkan berat badan merupakan salah satu dari beberapa cara yang dilakukan dalam program diet. Berolahraga secara rutin dan teratur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Misalnya mencegah penyakit jantung dan stroke, mengendalikan kadar gula darah, menjaga tekanan darah tetap stabil dan lain sebagainya termasuk untuk menurunkan berat badan.

Berolahraga tidak hanya disarankan bagi penderita kegemukan saja. Setiap orang yang ingin hidup sehat dan terjauhkan dari penyakit sangat disarankan untuk melakukan kegiatan olahraga. Baik tua, muda, wanita, pria, pekerja kantor maupun pekerja kasar juga tetap disarankan berolahraga secara rutin dan teratur.

Terutama bagi mereka yang kurang aktif bergerak seperti pekerja kantoran sangat disarankan berolahraga meski hanya sebentar. Kita hanya membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit untuk berolahraga setiap harinya. Waktu yang kita gunakan sekitar 15-30 menit untuk berolahraga tersebut akan sangat berarti.

Kendati sudah sering disampaikan, faktanya masih banyak masyarakat yang mengabaikan ajakan ini. Sebab ketika tubuh masih muda dan kuat, mereka tidak menyadari akan pentingnya berolahraga. Namun ketika sudah mengidap suatu penyakit, disitulah tumbuh kesadaran untuk melakukannya.

Ini juga berlaku bagi mereka yang memiliki kelebihan berat badan. Kurangnya aktivitas fisik merupakan salah satu penyebab berat badan naik. Ditambah lagi dengan pola makan yang tidak sehat akan mempercepat kenaikan berat badan. Oleh karena itu penting untuk kita sadari bahwa tubuh yang aktif bergerak dengan berolahraga dapat membantu menurunkan berat badan.

Jenis-Jenis Olahraga Menurunkan Berat Badan

Olahraga Menurunkan Berat Badan
Jalan kaki

Terdapat beberapa jenis olahraga untuk menurunkan berat badan yang sudah dibuktikan melalui penelitian. Berikut adalah jenis olahraga yang baik untuk membantu program diet Anda.

1. Jalan Kaki

Jalan kaki bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak suka olahraga berat. Jalan kaki termasuk olahraga kardio yang baik untuk membantu menurunkan berat badan. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kita harus melakukannya secara rutin dan konsisten.

Sebuah studi dalam Journal of Exercise Nutrition & Biochemistry (2014) menunjukkan bahwa jalan kaki dapat menurunkan berat badan. Jalan kaki tiga hari per minggu selama 50–70 menit mampu menurunkan berat badan sekitar 2,7 kg dalam 12 minggu.

Studi lainnya yang dimuat dalam Journal of Nutrition (2017) menunjukkan hal serupa. Dimana jalan kaki yang dibarengi pembatasan asupan kalori dapat membuat tubuh kehilangan lebih banyak berat badan daripada melakukan diet saja.

2. Lari Santai

Selain jalan kaki, olah raga ringan yang bisa membantu menurunkan berat badan adalah jogging atau lari santai. Sebab jogging mampu membakar kalori sekitar 300-370 kalaori selama 30 menit.

Olahraga ini bisa Anda lakukan pada pagi dan sore hari. Kegiatan ini tidak memerlukan perlengkapan khusus sama halnya dengan jalan kaki. Namun jika Anda memiliki peralatan seperti treadmill, Anda bisa melakukannya di dalam rumah.

3. Berenang

Olahraga yang bisa membantu menurunkan berat badan lainnya yakni berenang. Olahraga renang cocok untuk Anda yang memiliki gangguan persendian dan tidak bisa melakukan olahraga lainnya.

Renang merupakan olahraga yang menyenangkan dan memiliki beberapa manfaat. Anda dapat membakar kalori sekitar 200-300 kalori jika Anda berenang selama 30 menit. Selain dapat menurunkan berat badan, renang juga baik untuk meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan kesehatan paru-paru, dan menyehatkan jantung.

4. Bersepeda

Bersepeda juga merupakan olahraga menyenangkan yang bisa Anda manfaatkan untuk menurunkan berat badan. Anda tidak diharus bersepeda dengan kencang untuk mendapatkan manfaat tersebut. Cukup bersepeda santai selama 30 menit, tubuh Anda dapat membakar kalori sekitar 280-360 kalori.

Bagi Anda yang sedang malas keluar rumah, Anda dapat menggunakan sepeda statis. Menggunakan sepeda statis selama 30 menit dapat membakar sekitar 250-280 kalori. Tidak hanya memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan, bersepeda juga juga berdampak baik bagi kesehatan secara keseluruhan.

5. Naik Turun Tangga

Naik turun tangga cocok bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk olahraga lainnya. Misalnya ketika berada di kantor, Anda dapat menggunakan jam istirahat atau usai pulang kerja untuk melakukannya.

Naik turun tangga yang dilakukan selama 30 menit dapat membakar sekitar 300 kalori. Namun hasil yang didapatkan mungkin akan berbeda pada setiap orang. Sebab jumlah kalori yang dibakar per sesi olahraga bergantung pada intensitas olah raga dan berat badan.

Selain beberapa jenis olah raga diatas, masih terdapat jenis olahraga menurunkan berat badan lainnya yakni sebagai berikut.

  • Lompat tali
  • Interval training
  • Yoga
  • Pilates
  • Senam aerobik
  • Bela diri

Waktu yang Tepat untuk Olahraga Menurunkan Berat Badan

Waktu yang tepat untuk melakukan olahraga menurunkan berat badan adalah pagi dan sore hari. Jika kamu memiliki waktu di pagi hari, kamu bisa menggunakannya untuk berolahraga. Namun jika kamu memiliki waktu di sore hari, waktu ini juga tepat untuk melakukan olahraga.

Sebuah studi menunjukkan bahwa perempuan yang berjalan cepat selama 45 menit di pagi hari dapat mengontrol makanan di siang hari. Studi ini dipublikasikan di Medicine and Science in Sports and Exercise.

Hal ini dikarenakan berolahraga pada pagi membuat kita lebih aktif secara fisik. Olahraga pagi juga membuat tidur lebih nyenyak jika dibandingkan berolahraga di malam hari atau mendekati waktu tidur.

Sore hari juga merupakan waktu yang tepat untuk berolahraga dalam menurunkan berat badan. Laporan Healthline menunjukkan bahwa kemampuan tubuh berada pada puncaknya di sore hari yakni pukul 14:00 hingga 18:00.

Pada jam-jam tersebut fungsi dan kekuatan otot sedang meningkat yang artinya tubuh siap untuk berolahraga. Selain itu pada sore hari detak jantung dan tekanan darah juga rendah. Kondisi ini mampu meningkatkan kinerja olahraga serta mengurangi kemungkinan cedera.

Itulah tadi informasi mengenai jenis-jenis olahraga menurunkan berat badan serta waktu yang tepat untuk melakukannya. Semoga informasi ini dapat berguna bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

Sumber referensi:

  1. https://hellosehat.com/kebugaran/olahraga-berat-badan-turun/berbagai-olahraga-menurunkan-berat-badan/
  2. https://www.alodokter.com/coba-olahraga-yang-cepat-menurunkan-berat-badan-ini
  3. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210714111313-255-667467/jam-olahraga-yang-baik-untuk-diet-ampuh-turunkan-berat-badan

Sumber gambar:

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.