Cari disini

Minuman yang Bisa Menurunkan Berat Badan Ini Patut Kamu Coba

Kategori: Informasi Kesehatan
Minuman yang Bisa Menurunkan Berat Badan Ini Patut Kamu Coba
Berikan nilai untuk postingan ini

Minuman yang bisa menurunkan berat badan juga patut Anda kenali untuk mendukung kesuksesan program diet Anda. Dimana terdapat beberapa jenis minuman yang bisa Anda buat sendiri di rumah dan tentu harganya juga sangat murah.

Selain mengenali makanan yang bisa menurunkan berat badan, anda juga patut mengenali jenis minuman untuk diet. Tentunya ini akan semakin memudahkan Anda dalam menyukseskan program diet Anda. Tentunya dengan menambah menu minuman untuk diet ini, proses yang akan anda lalui tidak akan terasa membosankan.

Kebanyakan mereka yang hendak menurunkan berat badan hanya memperhatikan pilihan makanan saja. Padahal jenis minuman untuk diet ini juga sangat penting karena berperan penting dalam mengontrol berat badan. Tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan saja, beberapa jenis minuman ini punya manfaat lain bagi kesehatan.

Selain menjaga pola makan dan berolahraga, mengonsumsi minuman untuk diet juga cukup membantu. Pasalnya minuman tersebut umumnya mengandung kalori yang rendah serta dapat mengontrol nafsu makan kita. Untuk itu mari kita simak beberapa jenis minuman yang dapat menurunkan berat badan berikut ini.

Pilihan Minuman yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Pilihan Minuman yang Bisa Menurunkan Berat Badan
Teh Hangat

Di bawah ini adalah beberapa jenis minuman pendukung program penurunan berat badan yang bisa Anda buat dan Anda coba sendiri di rumah.

1. Air Putih

Minuman untuk diet yang pertama yakni air putih. Barangkali hampir di setiap artikel cara menurunkan berat badan yang kami terbitkan mencantumkan air putih. Ya, air putih memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Bahkan tubuh kita terdiri dari 60% air sehingga kita harus mencukupi kebutuhan air minum setiap harinya.

Jika kebutuhan air tercukupi, tubuh kita akan bekerja dengan normal termasuk dalam proses pembakaran lemak. Dalam proses penurunan berat badan, air berperan sebagai penekan nafsu makan, meningkatkan metabolisme dan menambah energi. Untuk itu kita perlu mencukupi kebutuhan air yakni sekitar 8 gelas per hari.

2. Teh Hijau dan Teh Hitam

Bagi Anda yang suka minum teh, tentunya Anda akan mendapatkan manfaatnya sebagai penurun berat badan. Seperti teh hijau yang mengandung katekin dan antioksidan yang tinggi sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak. Selain baik untuk diet, teh hijau juga memiliki manfaat lain seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

Teh hitam juga baik untuk diet Anda. Hal ini dikarenakan teh hitam mengandung polifenol. Polifenol berperan untuk mengurangi penyerapan kalori, merangsang pembakaran lemak, dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

3. Kopi

Selain teh, minuman untuk diet lainnya yakni kopi. Penikmat kopi tentunya akan senang jika mengetahui bahwa kopi memiliki manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan. Sebab kopi mengandung kafein yang dapat menekan rasa lapar sehingga mengurangi keinginan untuk makan makanan yang tidak sehat.

Kopi juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh serta meningkatkan pembakaran kalori yang kita konsumsi. Kafein yang kita dapat dari kopi akan tetap bekerja meskipun kita sedang tidur. Dimana kafein ini dapat merangsang thermogenesis yaitu proses menghasilkan panas dan energi untuk terus mencerna makanan.

4. Air Jahe

Minuman untuk diet yang selanjutnya yakni air jahe. Jahe merupakan tanaman rempah yang dikenal memiliki manfaat. Secara ekonomi, jahe bermanfaat untuk bumbu masakan, bahan minuman dan lain sebagainya. Secara medis, jahe bermanfaat sebagai obat kuat alami, mencegah kanker, obat nyeri, obat radang, obat diabetes, obat kolesterol, serta penurun berat badan.

Untuk mendapatkan manfaat jahe sebagai penurun berat badan, kita bisa membuat minuman wedang, jahe, wedang jahe serai, teh jahe, madu jahe, dan lain sebagainya. Namun disarankan untuk tidak menambahkan terlalu banyak pemanis agar khasiatnya lebih terjamin.

5. Jus Buah dan Jus Sayur

Minuman yang bisa menurunkan berat badan terakhir yakni jus buah dan jus sayur. Buah dan sayur merupakan sumber serat alami yang penting dalam proses penurunan berat badan. Buah dan sayur juga kaya akan nutrisi penting seperti vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Nah, untuk menjadikannya sebagai penurun berat badan, kita membuat minuman berupa jus. Namun disarankan untuk tidak menggunakan pemanis terlalu banyak. Sebagai pengganti, kita bisa menggunakan madu ataupun gula merah untuk menambah rasa.

Itulah beberapa jenis minuman yang bisa menurunkan berat badan yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaat dan dapat membantu program diet Anda. Terima kasih.


Sumber referensi:

  1. https://www.alodokter.com/6-pilihan-minuman-diet-yang-dapat-menurunkan-berat-badan
  2. https://www.halodoc.com/artikel/4-minuman-yang-bisa-membantu-menurunkan-berat-badan

Sumber gambar:

3 comments

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.