Cari disini

15 Masker Wajah Alami sebagai Pemutih dan Pencerah Wajah

Kategori: Kosmetik
Masker Wajah Alami
3/5 - (5 votes)

Masker wajah alami paling banyak dicari oleh mereka yang ingin memiliki kulit wajah yang putih dan cerah. Menggunakan bahan alami sebagai masker wajah tentunya memiliki alasan tersendiri. Terutama dari segi keamanan tentunya bahan alami lebih aman dibandingkan dengan masker yang terbuat dari bahan kimia.

Ini sama halnya ketika mereka ingin menurunkan berat badan secara alami. Disamping keamanan, keefektifan juga menjadi alasan untuk menggunakan bahan alami. Bahkan beberapa bahan alami yang digunakan juga lebih murah serta mudah untuk didapatkan.

Tentunya tidak semua orang memiliki uang yang cukup untuk pergi melakukan perawatan di klinik perawatan wajah. Apalagi biaya perawatan wajah tersebut memiliki biaya yang cukup mahal bagi sebagian orang. Namun dengan menggunakan bahan alami sebagai bahan untuk membuat masker wajah, kini kamu juga dapat melakukan perawatan wajah di rumah.

Menggunakan produk alami mungkin tidak memberikan hasil yang cepat seperti pada perawatan di klinik atau spa. Meski begitu, jika digunakan secara rutin dan teratur, kamu tetap akan mendapatkan hasil yang cukup memuaskan. Namun yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan bahan alami yakni memastikan bahwa kulit wajah kamu tidak memiliki riwayat alergi.

Perlu kamu ketahui bahwa beberapa produk kosmetik memiliki kandungan dari beberapa bahan alami yang akan kita gunakan sebagai masker tersebut. Seperti beras, lidah buaya, teh hijau dan lain sebagainya. Hal ini berarti kita dapat memanfaatkan bahan tersebut tanpa harus membeli produk kosmetik.

Pilihan Masker Wajah Alami yang Efektif Memutihkan dan Mencerahkan Wajah

Masker Wajah Alami
Bahan Alami untuk Masker Wajah

Di bawah ini adalah beberapa bahan alami yang bisa kita gunakan sebagai masker pemutih dan pencerah wajah. Dimana masker wajah ini bisa kamu buat sendiri di rumah.

1. Masker Wajah Alami dari Beras

Masker beras diperkirakan sudah digunakan sejak 1000 tahun silam di Jepang. Hingga saat ini masker beras masih menjadi favorit bagi mereka yang ingin wajahnya terlihat lebih cerah dan awet muda. Masker beras adalah obat awet muda yang sangat praktis dan hemat biaya.

Beras putih mengandung zat asam fitat dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit wajah. Kandungan ini bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, menghilangkan tanda penuaan dini, dan memutihkan kulit. Selain dijadikan masker wajah, air cucian beras juga kerap dijadikan sebagai toner alami untuk wajah.

Untuk membuat masker beras cukup mudah yakni dengan mencampurkan tepung beras dengan susu dan madu. Oleskan secara merata pada wajah dan diamkan selama lebih kurang 20 menit. Setelah itu bilas wajah hingga bersih lalu keringkan dengan handuk bersih.

2. Masker Madu

Madu tidak hanya dapat dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat baiknya. Sebab madu juga bisa kita jadikan sebagai masker pencerah wajah. Hal ini dikarenakan madu mengandung bahan aktif yang bermanfaat untuk mengeksfoliasi kulit. Dengan demikian sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam bisa kita hilangkan.

Cara membuat masker madu yakni dengan mencampurkan madu dengan beberapa tetes air. Tujuannya yakni agar teksturnya tidak lengkat dan lebih mudah untuk dibersihkan. Setelah dicampurkan dengan iar, oleskan masker madu pada kulit wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya. Diamkan selama lebih kurang 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

3. Masker Kunyit

Bahan alami selanjutnya yang bisa kita manfaatkan untuk masker wajah yakni kunyit. Manfaat kunyit sebagai masker wajah yakni dapat mencerahkan wajah. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung kurkumin yang dapat menghambat produksi melanin.

Melanin sendiri merupakan pigmen pemberi warna kulit yang membuat bagian tubuh tersebut terlihat lebih gelap. Selain mengandung kurkumin, kunyit juga zat antiradang, antioksidan, dan antibakteri yang baik untuk kesehatan kulit.

Untuk membuat masker kunyit, campurkan bubuk kunyit dengan air dan madu. Oleskan secara merata pada kulit wajah dan diaman selama 10-15 menit. Kemudian bilas wajah dengan air bersih. Gunakan setiap pagi dan sore hari secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

4. Masker Lemon

Lemon merupakan sumber vitamin C dan flavonoid alami yang bermanfaat untuk membuat kulit lebih putih dan cerah. Selain itu kandungan tersebut juga dapat menghapus noda hitam di wajah sehingga kulit wajah terlihat lebih muda. Lemon cocok untuk kulit berminyak sebab dapat membuat kulit bebas dari minyak serya membersihkan kotoran dan debu.

Untuk membuat masker lemon cukup praktis yakni dengan mengoleskan air perasan lemon secara langsung pada kulit wajah. Kamu juga dapat mencampurkannya dengan bahan lain seperti madu. Sebelum menggunakan masker lemon, cuci wajah dengan air besih. Gunakan setiap hari untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah berseri.

5. Masker Wajah Alami dari Timun

Selain dapat dikonsumsi, timun juga dapat kita manfaatkan sebagai bahan alami untuk masker wajah. Pasalnya timun dapat membay wajah cerah serta terasa lebih kenyal. Masker timun mampu mengikat kolagen sehingga kamu tampak kencang dan kenyal.

Timun juga mengandung antioksidan serta vitamin A dan C yang bermanfaat untuk menghidrasi kulit serta mengurangi iritasi dan peradangan kulit. Selain itu masker timun dapat mencegah munculnya jerawat, komedo, kerutan, dan kulit kering.

Untuk membuat masker timun juga cukup mudah. Caranya yakni dengan mengoleskan parutan timun pada permukaan kulit wajah secara merata. Atau kamu juga dapat menempatkan beberapa irisan timun ke wajah lalu diamkan selama beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

6. Masker Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang kaya akan manfaat. Dimana salah satunya adalah sebagai pelembab kulit. Oleh karena itu kita bisa memanfaatkan lidah buaya sebagai masker wajah. Selain dapat melembabkan kulit, lidah buaya mengandung antioksidan yang berguna untuk kesehatan kulit.

Masker lidah buaya dipercaya dapat mencegah tanda penuaan dini sertya membuat kulit wajah terasa lembut, putih dan cerah. Selain itu lidah buaya dapat memberi efek menenangkan dan menghilangkan peradangan di kulit.

Untuk membuat masker lidah buaya cukup dengan mongoleskan gel lidah buaya pada kulit wajah. Atau kamu juga bisa menghaluskan dagingnya menggunakan blender. Oleskan secara merata lalu diamkan sekitar 10-15 menit kemudian bilas.

7. Masker Pepaya

Masker wajah alami yang selanjutnya yakni terbuat dari buah pepaya. Nah, manfaat masker pepaya yakni dapat membuat kulit putih, bersih, kencang, dan terlihat awet muda. Pasalnya buah manis ini mengandung enzim papain dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit.

Masker pepaya dapat memperbaiki kerusakan kulit dan mengangkat sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih muda. Selain itu masker ini dapat mengurangi flek atau bintik-bintik cokelat akibat paparan sinar matahari berlebih.

Untuk membuat masker pepaya yakni dengan menghaluskan daging buah pepaya lalu oleskan pada kulit wajah secara merata. Setelah itu diamkan selam 20 menit lalu cuci hingga bersih. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

8. Masker Oatmeal

Oatmeal adalah makanan sehat yang bisa kita jadikan sebagai masker untuk perawatan wajah. Terdapat beberapa manfaat oatmeal untuk wajah seperti melembabkan kulit wajah, meredakan iritasi, mengurangi kerutan dan masih banyak lagi.

Dengan ragam manfaat oatmeal untuk kulit tersebut, kita bisa menggunakannya sebagar masker wajah alami. Hal ini dikarenakan oatmeal mengandung antioksidan tinggi dan sejumlah zat dengan efek antiradang.

Untuk membuat masker oatmeal yakni dengan mencampurkan oatmeal secukupnya dengan air hangat. Aduk hingga merata dan teksturnya menyerupai krim lalu dinginkan. Oleskan pada kulit wajah dan diamkan sekitar 10-15 menit dan bilas dengan air bersih.

9. Masker Pisang

Buah pisang yang manis dan kaya akan nutrisi bisa kita manfaatkan sebagai masker wajah alami. Hal ini karena buah pisang mengandung antioksidan yang tinggi yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas serta membuat kulit lebih bercahaya. Selain itu buah pisang dapat membantu menyerap minyak pada kulit.

Untuk membuat masker pisang yakni dengan menghaluskan daging buah pisang menggunakan blender. Selanjutnya oleskan pada kulit wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya. Setelah itu diamkan selama beberapa menit lalu cuci hingga bersih. Gunakan masker pisang setiap hari untuk memperoleh kulit wajah yang cerah alami.

10. Masker Wajah Alami dari Yogurt

Yogurt merupakan fermentasi susu yang memiliki berbagai manfaat baik termasuk untuk kesehatan kulit. Terdapat beberapa kandungan pada yogurt yang penting untuk kesehatan kulit seperti zinc, vitamin B kompleks, kalsium, dan asam laktat.

Kandungan zinc bermanfaat sebagai antiradang, merangsang pertumbuhan sel dan jaringan kulit serta mengatasi produksi minyak berlebih. Vitamin B kompleks bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit, melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas, serta memelihara kesehatan sel-sel kulit.

Kandungan kalsium pada yogurt bermanfaat untuk menjaga kesehatan lapisan epidermis kulit dan mencegah dehidrasi. Sedangkan kandungan asam laktatnya memiliki sifat seperti pelembap dan eksfoliator sel-sel kulit mati.

Untuk membuat masker yogurt yakni dengan mencampurkan yogurt dengan bahan lain seperti alpukat, madu, oatmeal dan lain sebagainya. Haluskan semua bahan hingga tercampur rata lalu oleskan pada permukaan wajah. Diamkan lebih kurang 10 menit lalu cuci wajah hingga bersih.

11. Masker Stroberry

Buah stroberi (Stroberry) juga bisa kita manfaatkan sebagai bahan pembuatan masker perawatan wajah alami. Stroberi mengandung antioksidan dan vitamin C yang dapat membantu menyehatkan kulit. Adapun manfaatnya yakni menangkal radikal bebas yang merupakan penyebab kerusakan sel kulit.

Buah stroberi juga mengandung asam alfa hidroksi yang bermanfaat untuk menghilangkan sel kulit mati. Selain itu buah berry ini juga mengandung asam salisilat yang bisa membantu menghilangkan minyak kulit berlebih.

Cara membuat masker stroberi yakni dengan menghaluskan buah stroberi bersama bahan lainnya seperti madu. Setelah bahan tercampur rata dan halus, oleskan pada kulit wajah dan diamkan selama beberapa saat dan cuci hingga bersih.

12. Masker Alpukat

Buah-buahan lainnya yang juga bisa kita manfaatkan untuk masker wajah yakni buah aplukat. Alpukat kaya akan kandungan kalium dan vitamin B yang bisa melembapkan kulit. Selain itu buah alpukat juga bersifat eksfoliasi untuk kulit kering.

Buah alpukat juga mengandung minyak esensial sehingga cocok untuk kamu yang memiliki kulit kering dan sensitif. Buah alpukat bisa kita campurkan dengan bahan lainnya seperti putih telur, oatmeal dan madu.

Semua bahan diblender hingga halus lalu oleskan pada permukaan wajah secara merata. Dimakan lebih kurang 20 menit lalu bilas denhan air hangat. Gunakan secara rutin dan teratur untuk mendapatkan kulit cerah dan kenyal.

13. Masker Putih Telur

Bahan alami lainnya yang bisa kita manfaatkan sebagai masker wajah yakni putih telur. Putih telur mengandung protein, vitamin B, selenium, fosfor, dan kalium yang baik untuk menutrisi kulit wajah.

Masker putih telur bermanfaat untuk mengencangkan kulti wajah, mengurangi minyak berlebih, mengecilkan pori-pori, membuat wajah lebih cerah dengan mengangkat sel-sel kulit mati.

Untuk membuat masker putih telur sangat mudah yakni campurkan putih telur dengan bahan lain seperti air perasan lemon atau bubuk kunyit. Aduk semua bahan hingga tercampur rata lalu oleskan pada permukaan kulit wajah.

14. Masker Teh Hijau

Teh hijau memiliki segudan manfaat seperti mencegah penyakit jantung dan stroke, menurunkan berat badan, mencegah diabetes dan lain sebagainya. Selain itu teh hijau juga bermanfaat untuk kesehatan kulit sebab mengandung antioksidan, seperti polifenol dan flavonoid.

Kandungan polifenol dan flavonoid ini mampu mencegah kerusakan sel kulit, mengangkat sel kulit mati, serta melindungi kulit. Selain itu, teh hijau juga mengandung hydroquinone yang bermanfaat sebagai pemutih kulit dan menghilangkan noda hitam di wajah.

Cara membuat masker wajah yakni dengan mencampurkkan bubuk teh hijau dengan madu dan yogurt. Aduk semua bahan hingga tercampur rata lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu cuci wajah dengan air hingga bersih.

15. Masker Wajah Alami dari Tomat

Bahan alami selanjutnya yang bisa kita gunakan sebagai masker wajah alami yakni buah tomat. Buah tomat mengandung vitamin C yang tinggi yang baik untuk menyehatkan kulit. Vitamin C berguna untuk mempercepat produksi kolagen yanh dibutuhkan oleh kulit.

Adapun manfaat masker tomat antara lain mencerahkan dan mengencangkan kulit, menyamarkan noda bekas jerawat, hingga mengecilkan pori-pori wajah. Untuk membuat masker tomat juga cukup mudah yakni dengan mengahaluskan daging buah tomat bersama madu lalu oleskan pada permukaan wajah.

Itulah beberapa pilihan masker wajah alami yang bisa kamu coba untuk membantu memutihkan dan mencerahkan wajah kamu. Semoga informasi ini dapat berguna dan memberikan manfaat yang baik untuk kita semua.

Sumber referensi:

  1. https://www.sehatq.com/artikel/masker-wajah-alami-untuk-remaja-beserta-cara-membuatnya
  2. https://www.alodokter.com/jadikan-kulit-putih-dan-berseri-di-rumah
  3. https://www.halodoc.com/artikel/4-cara-sederhana-membuat-masker-wajah
  4. https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/manfaat-yoghurt-untuk-kulit/

Sumber gambar:

1 comment

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.