Cari disini

Makanan yang Bisa Menurunkan Berat Badan, Patut Kamu Coba!

Kategori: Informasi Kesehatan
Daftar Makanan yang Bisa Menurunkan Berat Badan
Berikan nilai untuk postingan ini

Makanan yang bisa menurunkan berat badan patut dikenali bagi mereka yang menyandang kegemukan. Jenis makanan tersebut juga bisa kita terapkan dalam cara menurunkan berat badan 5kg dalam 1 minggu. Untuk itu silahkan baca artikel ini hingga selesai supaya Anda bisa mendapatkan kembali berat badan yang ideal.

Berat badan ideal sendiri dapat kita ukur dengan rumus Broca yakni Berat badan normal (kg) = tinggi badan (cm) – 100. Jadi misalkan Anda memiliki tinggi badan 160 cm, maka berat badan ideal Anda adalah 160 – 100 yakni 60 kg.

Setelah mengetahui berat badan ideal Anda, Anda dapat mengukur sendiri apakah Anda memiliki kelebihan berat badan atau tidak. Jika benar, maka Anda sekarang memiliki tugas untuk menurunkan berat badan Anda tersebut.

Sebab jika Anda biarkan, keadaan ini malah akan membahayakan kesehatan Anda. Anda akan dihadapkan pada bahaya komplikasi obesitas seperti hipertensi / tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke, diabetes dan lain sebagainya. Oleh karean itu sekaranglah saatnya Anda melakukan gerakan perubahan menuju gaya hidup sehat supaya kesehatan Anda tetap terjaga.

Lantas makanan apa yang bisa menurunkan berat badan? Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Daftar Makanan yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Berbagai cara bisa Anda lakukan dalam program penurunan berat badan Anda. Misalnya berolaraga rutin dan teratur, minum air putih lebih banyak, dan menerapkan pola makan sehat.

Pola makan sehat bisa Anda lakukan dengan mengurangi asupan gula, garam dan lemak. Untuk membantu Anda dalam menerapkan pola makan yang sehat, berikut kami berikan daftar makanan yang bisa membantu menunjang program penurunan berat badan Anda.

Makanan yang Bisa Menurunkan Berat Badan dari Buah dan Sayuran

Berikut adalah beberapa jenis buah dan sayuran yang bisa kita konsumsi untuk menurunkan berat badan secara alami.

Buah dan Sayuran (pexels.com/id-id/@daria)

1. Alpukat

Mengonsumsi buah-buahan sangat baik dilakukan jika ingin menurunkan berat badan secara alami. Salah satunya yakni buah alpukat. Buah alpukat sendiri merupakan buah yang mengandung lemak sehat serta karbohidrat yang rendah.

Buah alpukat mengandung asam oleat tak jenuh tunggal yang merupakan jenis lemak yang dapat dijumpai pada minyak zaitun. Selain mengandung lemak baik, buah ini juga mengandung air dan serat yang tinggi.

Kandungan air dan serat pada alpukat ini membuat kita merasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian dalam Journal Nutrition.

2. Buah Apel dan Pir

Selain alpukat, jenis buah-buahan lainnya yang dapat dimanfaatkan dalam menurunkan berat badan yakni buah apel dan pir. Sebab buah apel dan pir sendiri juga kaya akan serat yang dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama. Kandunga serat yang tinggi membuat buah apel dan pir lebih lambat dicerna. Oleh karena itulah kita merasa kenyang lebih lama.

3. Buah Beri (Berry)

Buah-buahan lainnya yang dapat membantu menurunkan berat badan yakni buah beri. Terdapat beberapa jenis buah beri yang bisa kita manfaatkan yakni goji berry, blueberry, blackberry, raspberry, dan stroberry.

Jenis buah ini sangat baik dikonsumsi saat menjalankan diet. Sama seperti buah-buahan lainnya, buah beri ini kaya akan kandungan serat sehingga membuat kita merasa kenyang lebih lama.

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau memiliki dampak baik bagi kesehatan termasuk untuk menurunkan berat badan. Cara ini adalah cara yang alami serta aman dilakukan mengingat sayuran hijau kaya akan manfaat bagi kesehatan.

Beberapa jenis sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi sebagai penurun berat badan yakni kangkung, bayam, dan brokoli. Jenis sayuran hijau ini mengandung kalori dan karbohidrat yang rendah namun kaya akan kandungan serat.

Sayuran hijau juga kaya akan mineral kalsium yang terbukti membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Itulah sebabnya ahli kesehatan selalu menyarankan kita untuk memperbanyak konsumsi sayuran hijau.

5. Kentang Rebus

Bagi Anda yang menyukai kentang goreng, sekaranglah saatnya Anda berpindah ke kentang rebus. Sebab kentang rebus juga memiliki manfaat untuk kesehatan termasuk dalam program penurunan berat badan.

Diketahui bahwa kentang merupakan sumber karbohidrat alami yang baik untuk Anda yang menjalani diet. Bahkan kentang pernah dinobatkan sebagai peringkat satu dalam satiety index. Satiety index merupakan indikator seberapa besar makanan tersebut membuat Anda kenyang.

Namun disarankan untuk mengonsumsi kentang rebus yang sudah dingin karena memiliki pati resisten yang lebih banyak. Pati resisten dapat mampu membantu Anda menurunkan berat badan dengan lebih aman.

Makanan yang Bisa Menurunkan Berat Badan dari Telur, Ikan dan Daging

Selain buah dan sayuran, kita bisa mengonsum telur, ikan salmon dan daging untuk mendukung program penurunan berat badan. Berikut penjelasannya!

Makanan yang Bisa Menurunkan Berat Badan dari Telur, Ikan dan Daging
Telur (pexels.com/id-id/@monserratsoldu)

6. Telur

Makan yang dapat membantu menurunkan berat badan selanjutnya yakni telur. Telur adalah jenis makanan yang paling sering dikonsumsi bagi mereka yang menjalankan diet. Pasalnya telur mengandung protein tinggi serta lemak sehat.

Selain itu telur dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama dengan jumlah kalori yang relatif rendah. Telur juga kaya akan nutrisi penting bagi tubuh sehingga kita tidak perlu takut kekurangan gizi ketika menjalankan diet.

Namun disarankan untuk tidak mengonsumsi telur dalam jumlah banyak. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi lonjakan kolesterol dalam tubuh. Bagi penderita kolesterol, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli gizi.

7. Ikan Salmon

Jenis makanan yang dapat kita konsumsi untuk menurunkan berat badan lainnya yakni ikan salmon. Ikan salmon merupakan sumber protein tinggi serta rendah lemak sehingga baik untuk penderita kegemukan.

Mengonsumsi ikan salmon dapat membantu mengatur hormon yang dapat mengendalikan nafsu makan. Selain itu ikan salmon juga bermanfaat untuk membuat kita merasa kenyang lebih lama sehingga dapat mengurangi keinginan makan.

Kandungan omega-3 pada ikan salmon juga bermanfaat untuk membantu mengurangi lemak perut. Hal tersebut sudah dibuktikan melalui sebuah studi yang dimuat dalam Plos One.

8. Daging

Selain ikan salmon dan telur, daging merupakan salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk menyukseskan program penurunan berat badan. Sebab daging mengandung protein, omega-3, vitamin yang baik untuk metabolisme tubuh.

Bahkan manfaat daging sebagai penurun berat badan sudah dibuktikan pada beberapa penelitian. Dimana mengonsumsi daging dapat mengurangi keinginan makan hingga 60%.

Makanan yang Bisa Menurunkan Berat Badan dari Kacang-kacangan

Selain buah, sayur, telur, ikan dan daging, beberapa jenis kacang-kacangan berikut bisa kita konsumsi saat menjalakan program penurunan berat badan.

Makanan yang Bisa Menurunkan Berat Badan dari Kacang-kacangan
Kacang Almond (pexels.com/id-id/@karolina-grabowska)

9. Kacang Almond

Kacang almond merupakan jenis kacang yang kaya akan kandungan serat dan protein. Kandunga serat yang tinggi dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama dari biasanya. Sedangkan kandungan proteinnya dapat membantu meningkatkan metabolisme dan mengurangi nafsu makan.

10. Kacang Tanah

Kacang tanah merupakan suku polong-polongan yang bisa kita manfaatkan dalam menurunkan berat badan. Barangkali Anda pernah mendengar mengonsumsi kacang dapat menaikkan berat badan. Pernyataan ini tidaklah benar sama sekali.

Kacang tanah merupakan sumber protein, lemak, dan serat yang justru sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Kacang tanah juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga bisa membantu mengontrol nafsu makan.

Itulah tadi beberapa jenis makanan yang bisa menurunkan berat badan yang bisa Anda konsumsi sebagai obat pelangsing alami. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan kita dan dapat bermanfaat bagi mereka yang menderita kelebihan berat badan.

Sumber referensi:

Sumber gambar: pexels.com

3 comments

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *