Cari disini

Krangean

Kategori: Klasifikasi dan Morfologi Tumbuhan
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Krangean
Berikan nilai untuk postingan ini

Mengenal Tanaman Krangean

Krangean merupakan tumbuhan perdu yang hidup pada daerah pegunungan dan termasuk dalam anggota family Lauraceae. Tanaman ini dapat ditemukan di daerah tropis maupun subtropis. Dimana penyebarannya yakni Cina bagian Selatan, Taiwan, Korea Selatan, Vietnam serta Indonesia.

Tanaman ini dikenal sebagai penghasil minyak atsiri dan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Saat ini minyak krangean telah diekspor ke beberapa negara seperti Inggris, Amerika, Perancis, Jerman, Belanda dan beberapa negara lain. Akan tetapi permintaan ini masih belum terpenuhi sebab tanaman ini belum banyak dibudidayakan.

Bagian tanaman yang digunakan sebagai pengobatan tradisional yakni bagian kulit batang, buah, akar, dan daun. Bagian kulit batang, daun dan bijinya memiliki aroma citrus. Secara tradisional, buahnya digunakan sebagai pereda nyeri, meningkatkan sirkulasi darah, meredakan distensi lambung, asma, demensia, diare, dan cedera.

Bagian akarnya biasanya dimanfaat untuk meredakan sakit perut, sakit kepala, dermatofitosis dan artralgia. Sedangkan bagian daunnya bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah, menyembuhkan hemoststis, luka, dan mengatasi gigitan serangga dan ular.

Klasifikasi dan Morfologi Krangean
Krangean

Klasifikasi dan Morfologi

Nama Ilmiah
Litsea cubeba Pers.
Nama Daerah
Jawa Barat: Ki Lemo atau Lemo
Jawa Tengah: Krangean
Sumatera Utara: Attarasa
Kalimantan: Balangla
Klasifikasi
Kerajaan: Plantae
Divisi: Spermatophyta
Sub divisi: Angiospermae
Kelas: Dicotyledoneae
Bangsa: Rhamnales
Suku: Lauraceae
Marga: Litsea
Jenis: Litsea cubeba Pers.
Morfologi
Habitus: Pohon, tinggi ± 15 m.
Batang: Tegak, berkayu, bulat, percabangan simpodial, putih kotor.
Daun: Tunggal, lonjong, tepi rata ujung runcing, pangkal meruncing, pertulangan menyirip, panjang 10-14 cm, Lebar 7-9 cm, hijau.
Bunga: Majemuk, bentuk malai, berkelamin dua, kelopak hijau muda, bentuk mangkok, berbulu halus, mahkota bulat melengkung, kepala sari bulat, hijau kehitaman.
Buah: Bulat, keras, buah muda hijau, buah tua hitam.
Biji: Bulat, putih kotor.
Akar: Tunggang, coklat kehitaman.
Kandungan
Bagian daun, bunga, buah, biji dan kulit batang mengandung berbagai senyawa kimia seperti alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, glikosida dan steroid.
Manfaat
Kulit batang, daun, buah dan daunnya bermanfat sebagai pereda nyeri, meningkatkan sirkulasi darah, meredakan distensi lambung, obat asma, demensia, obat diare, obat sakit perut, obat sakit kepala, dermatofitosis, artralgia, hemoststis dan lain sebagainya.

Untuk penawar bisa akibat gigitan serangga dipakai 10-15 gram kulit batang segar krangean, dicuci dan ditumbuk sampai lumat, ditambah air kapur secukupnya sampai menjadi lembek, kemudian ditempelkan pada bekas gigitan serangga.
Klasifikasi dan Morfologi Krangean

Sumber referensi:

Sumber gambar:

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.