Cari disini

Kopi Robusta

Kategori: Klasifikasi dan Morfologi Tumbuhan
Klasifikasi dan Morfologi Kopi Robusta
Berikan nilai untuk postingan ini

Mengenal Tanaman Kopi Robusta

Kopi Robusta merupakan salah satu jenis kopi yang paling umum diproduksi dan dikonsumsi. Jenis kopi ini memiliki rasa yang lebih kuat dan pahit jika dibandingkan dengan kopi Arabika. Ini menjadi pilihan bagi mereka penikmat kopi yang lebih pahit.

Kadar kafein Robusta juga lebih tinggi 1.5-3.3%, atau 2 kali lipat dari kandungan kafein Arabika. Arabika sendiri cenderung memiliki rasa yang lebih lembut dan manis.

Robusta dapat tumbuh dengan baik di ketinggian 400-700 m dpl. Tanaman ini membutuhkan temperatur suhu 21-24° C, dengan bulan kering 3-4 bulan secara berturut-turut dan 3-4 kali hujan kiriman.

Jenis robusta lebih tahan terhadap penyakit Hemileia vastatrix atau penyakit karat daun. Oleh karena itu pembudidayaannya lebih mudah ketimbang jenis Arabika dan Lirebika yang rentan terkena karat daun.

Selain bermanfaat sebagai bahan dasar minuman, kopi Robusta ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Adapun manfaat dari tanaman ini yakni pencegah keracunan tempe bongkrek, obat batuk, obat kuat, menyehatkan jantung, menjaga berat badan, mencegah diabetes, dan lain sebagainya.

Kopi Robusta
Kopi Robusta

Klasifikasi dan Morfologi

Sumber referensi:

Nama Ilmiah
Coffea canephora
Nama Lain
Klasifikasi
Kerajaan: Plantae
Divisi: Spermatophyta
Sub divisi: Angiospermae
Kelas: Dicotyledonae
Bangsa: Rubiales
Suku: Rubiaceae
Marga: Coffea
Jenis: Coffea robusta Lindl, ex De Willd.
Morfologi
Habitus: Perdu, tahunan, tinggi ± 5 m.
Batang: Berkayu, keras, tegak, putih ke abu-abuan.
Daun: Tunggal, bulat telur, mengkilat, ujung runcing, tepi rata, pangkal turnpul, panjang 5-15 cm, lebar 4-6,5 cm, pertulangan menyirip, langkai panjang 0,5-1 cm, hijau.
Bunga: Majemuk, bentuk payung, di ketiak daun, kelopak berbagi lima, hijau, mahkota bentuk bintang, putih, benang sari lima, tangkai sari putih, kepala sari hitam panjang putik ± 3 cm, kepala putik coklat, putih.
Buah: Bulat telur, diameter ± 5 mm, masih muda hijau setelah tua merah.
Biji: Bulat telur, berbelah dua, keras, putih kotor.
Akar: Tunggang, kuning muda.
Kandungan
Robusta mengandung alkaloida. saponin, flavonoida dan polifenol.
Manfaat
Biji kopi berkhasiat sebagai pencegah keracunan tempe bongkrek, obat batuk, obat kuat, menyehatkan jantung, menjaga berat badan, mencegah diabetes, mengurangi risiko kanker dan peluruh air seni.

Untuk mencegah keracunan tempe bongkrek dipakai ± 5 gram biji kopi, disaring dan dilumbuk sampai halus, diseduh denga 1/2 gelas air matang panas kemudian disaring, Hasil saringan diminum sekaligus.
Klasifikasi dan Morfologi Kopi Robusta

Sumber gambar:

1 comment

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.