Cari disini

Kopi Arabica

Kategori: Klasifikasi dan Morfologi Tumbuhan
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kopi Arabica
Berikan nilai untuk postingan ini

Mengenal Tanaman Kopi Arabica

Kopi arabica merupakan tumbuhan perdu penghasil biji kopi yang dapat tumbuh hingga 3 meter. Spesies ini merupakan spesies kopi yang paling banyak dibudidayakan. Bahkan sekitar 70% produksi kopi global diwakili oleh arabica. Kopi ini juga dikenal dengan nama kopi Arab, kopi semak Arab, atau kopi gunung.

Kopi ini diperkirakan berasal dari Ethiopia dan tercatat pertama kali dibudidayakan di Yaman, dan didokumentasikan pada abad ke-12. Kelemahan kopi ini yakni hanya bisa tumbuh di lingkungan yang sejuk dan akan mati jika cuaca terlalu dingin.

Berbeda dengan kopi robusta yang dapat tumbuh dengan baik di cuaca yang cenderung panas. Kopi robusta juga tahan terhadap penyakit seperti karat daun sehingga membutuhkan perawatan yang lebih murah dibanding arabika.

Perbedaan lainnya yakni arabica memiliki 1,5 persen kafein sedangkan robusta mengandung 2,7 persen kafein sehingga rasa kopi robusta akan lebih pahit. Keunggulan kopi arabica lainnya yakni mengandung 60 persen lebih banyak lipid serta mengandung gula alami yang lebih tinggi sehingga membuat rasa kopi arabika lebih manis.

Selain bermafaat sebagai bahan minuman, kopi ini juga memiliki berbagai manfaat baik bagi kesehatan. Adapun manfaatnya antara lain mencegah batu ginjal, meningkatkan konsentrasi, mencegah diabetes, mencegah kanker hati, menjaga kesehatan jantung, menyehatkan rambut, dan lain sebagainya.

Klasifikasi dan Morfologi Kopi Arabica
Kopi Arabica

Klasifikasi dan Morfologi

Nama Ilmiah
Coffea arabica L
Nama Lain
Kopi Arab, kopi semak Arab, atau kopi gunung
Klasifikasi
Kerajaan: Plantae
Divisi: Spermatophyta
Sub divisi: Angiospermae
Kelas: Dicotyledoneae
Bangsa: Rubiales
Suku: Rubiaceae
Marga: Coffea
Jenis: Coffea arabica L
Morfologi
Habitus: Perdu, tinggi 2-3 m.
Batang: Tegak, bulat, percabangan monopodial, permukaan kasar, kuning kotor.
Daun: Tunggal, berhadapan, lonjong, tepi rata, ujung meruncing, pangkal tumpul, panjang 8-15 cm, lebar 4-7 cm, bertangkai pendek, hijau, pertulangan menyirip, hijau.
Bunga: Majemuk, bentuk payung, di ketiak daun, kelopak lonjong. lima helai, panjang +3 mm, hijau, tangkai benang sari berlekatan membentuk tabung, panjang + 8 mm, putih, tangkai putik menjulang keluar tabung, putih, mahkota bentuk bintang, lima helai, panjang 7-9 mm, putih.
Buah: Batu, bulat telur, diameter 0,5-1 cm, masih muda hijau setelah tua merah.
Biji: Bentuk 1/2 bola, salah satu permukaan beralur, panjang 0,5-1 cm, putih kehijauan.
Akar: Tunggang, kuning muda.
Kandungan
Daun, buah dan akar kopi mengandung saponin, flavonoida dan polifenol, di samping itu buahnya juga mengandung alkaloida.
Manfaat
Manfaat kopi Arabica yakni dapat membantu mencegah batu ginjal yakni sebagai peluruh air seni, meningkatkan konsentrasi, mencegah diabetes, mencegah kanker hati, menjaga kesehatan jantung, dan menyehatkan rambut .Selain itu daun dan biji kopi juga berkhasiat untuk penyegar badan. Untuk penyegar badan dipakai + 15 gram daun muda kopi, dicuci dan dimakan sebagai lalapan atau urapan.
Klasifikasi dan Morfologi Kopi Arabica

Sumber referensi:

Sumber gambar:

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.