Cari disini

Kismis Jepang

Kategori: Klasifikasi dan Morfologi Tumbuhan
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kismis Jepang
Berikan nilai untuk postingan ini

Mengenal Tanaman Kismis Jepang

Kismis Jepang merupakan tanaman kuat yang banyak ditemukan di Asia seperti Jepang dan China hingga Himalaya. Tanaman ini berasal dari keluarga buckthorn (Rhamnaceae). Tanaman ini dapat tumbuh baik di tempat yang cerah di tanah berpasir atau lempung yang lembab.

Kismis Jepang masih belum banyak orang yang mengetahuinya. Padahal tanaman ini adalah jenis pangan yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Tanaman ini menghasilkan buah yang dapat dimakan yang memiliki rasa yang manis dan terasa seperti kismis.

Dalam pengobatan tradisional China, Korea dan Jepang, tanaman obat ini digunakan sebagai obat demam, obat parasit, sebagai pencahar, pengobatan penyakit hati, dan sebagai obat untuk meredakan efek samping dari konsumsi alkohol yang berlebihan. Selain itu tanaman ini juga dapat dimanfaatkan untuk obat seriawan dan obat kutil.

Klasifikasi dan Morfologi Kismis Jepang
Kismis Jepang

Klasifikasi dan Morfologi

Nama Ilmiah
Hovenia dulcis
Nama Lain
Pohon madu atau kismis oriental
Klasifikasi
Kingdom: Plantae
Divisi: Vascular plants
Kelas: Dicotyledoneae
Order: Roses, elms, figs, and allies
Family: Buckthorn
Suku: Polygonaceae
Marga: Hovenia
Jenis: Japanese raisin tree
Morfologi
Habitus: Pohon, tahunan, tinggi ± 10 m.
Batang: Berkayu, tegak, bulat, percabangan simpodial, coklat.
Daun: Tunggal, berseling, lanset, panjang ± 7,5 cm, lebar ± 0,75 cm, tepi rata, ujung dan pangkal runcing, pertulangan sejajar, hijau.
Bunga: Majemuk, bentuk karang, berkelamin dua, di ketiak daun, tangkai bulat, benang sari banyak, kuning, putik satu, putih, kelopak satu, bentuk mangkok, hijau, mahkota lonjong ungu.
Buah: Buni, bulat, diameter ± 0,5 cm, hijau.
Biji: Kecil, bentuk ginjal, coklat.
Akar: Tunggang, putih kecoklatan.
Kandungan
Buah dan daun mengandung saponin, flavonoida dan polifenol. Ekstrak daun mengandung hodulcine, glikosida yang menunjukkan aktivitas anti-manis.
Manfaat
Secara tradisional kismis Jepang digunakan sebagai obat demam, obat parasit, sebagai pencahar, pengobatan penyakit hati, dan sebagai meredakan mabuk. Buah dan biji kismis Jepang berkhasiat sebagai obat seriawan, getahnya untuk menghilangkan kutil (tonjolan pada kulit). Untuk obat seriawan dipakai ± 30 gram buah segar kismis, dicuci, ditumbuk sampai lumat lalu diseduh dengan 2 gelas air matang panas, setelah hangat-hangat kuku disaring. Hasil saringan digunakan untuk kumur.
Klasifikasi dan Morfologi Kismis Jepang

Sumber referensi:

Sumber gambar:

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *