Cari disini

Kemladean

Kategori: Klasifikasi dan Morfologi Tumbuhan, Tanaman Obat
Tanaman Kemladean
Berikan nilai untuk postingan ini

Mengenal Tanaman Kemladean

Kemladean (Scurrula atropurpurea) merupakan tanaman parasit obligat atau parasit sejati yang tidak dapat hidup tanpa inangnya. Bahkan jika inangnya mati, maka itu pun ikut iapun akan ikut mati. Tanaman benalu ini biasanya tumbuh pada tanaman kopi, kakao, cengkih, teh, mangga, belimbing, mahkota dewa, kenanga, duku, sirsak, kepel, dan spesies tumbuhan lainnya.

Nama Lain

Nama LainBenalu cengkih, benalu cengkeh, pasilan cengkih
MelayuPasilan
SundaMangandeuh
JawaKemladean
JakartaBenalu
Nama Lain Kemladean

Klasifikasi

KingdomPlantae
DivisiSpermatophyta
Sub divisiAngiospermae
KelasDicotyledoneae
OrdoSantalales
FamiliLoranthaceae
GenusScurrula
SpesiesScurrula artopurpurea (BL.) Dans.
Klasifikasi Kemladean

Morfologi

HabitusParasit obligat.
BatangMenggantung, berkayu, silindris, berbintik-bintik, coklat.
DaunTunggal, berhadapan, lonjong, ujung agak meruncing, pangkal membulat, tepi rata, panjang 5-9 cm, lebar 2-4 cm, permukaan alas hijau permukaan bawah coklat.
BungaMajemuk, bentuk payung, terdiri dari 4-6 bunga, di ketiak daun atau di ruas batang, tangkai pendek, kelopak bentuk kerucut terbalik, panjang ± 3 mm, bergigi empat, benang sari panjang 2-3 mm, kepala putik bentuk tombol, tabung mahkota panjang 1-2 cm, taju mahkota melengkung ke dalam, merah.
BuahKerucut terbalik, panjang + 8 mm, coklat.
BijiBulat, kecil, hitam.
AkarMenempel pada pohon inang, berfungsi sebagai penghisap, kuning kecoklatan.
Morfologi Kemladean
Kemladean
Kemladean

Kemladean dengan nama ilmiah Scurrula atropurpurea merupakan salah satu dari dua jenis benalu yang banyak tumbuh di Indonesia. Jenis yang satunya lagi yakni Dendrophthoe pentandra (L.) Miq. Antara Scurrula atropurpurea dan Dendrophthoe pentandra sangat sulit untuk dibedakan.

Tanaman benalu ini dikenal juga dengan benalu kakao ataupun benalu mangga sesuai dengan nama tumbuhan inangnya. Tanaman ini masuk dalam famili Loranthaceae yang tumbuh dengan baik di daerah hutan hujan atau di hutan yang terbuka, di perkebunan, di taman-taman kota, hingga di sekitar permukiman penduduk.

Kemladean menyebar melalui burung-burung pemakan biji yang menyebabkan bijinya dapat tumbuh pada pohon lain. Selama tumbuhan inangnya masih hidup, benalu yang satu ini juga akan tetap hidup.

Manfaat Kemladean untuk Kesehatan

Meski dianggap sebagai tanaman pengganggu, tanaman benalu ini ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Secara tradisional tanaman ini juga dianggap sebagai tanaman obat. Terdapat sejumlah manfaat kemladean bagi kesehatan yakni antikanker, obat diabetes, obat hipertensi, dan lain sebagainya.

Tanaman ini dilaporkan memiliki kandungan senyawa golongan flavonoid yang diketahui memiliki aktivitas antioksidan. Antioksidan dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit degeneratif seperti kanker yang diakibatkan oleh adanya radikal bebas.

Sumber referensi:

  1. https://id.wikipedia.org/
  2. https://eprints.umm.ac.id/42157/3/BAB%20II.pdf

Sumber gambar:

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *