Cari disini

Ginkgo Biloba

Kategori: Klasifikasi dan Morfologi Tumbuhan
Tanaman Ginkgo Biloba
Berikan nilai untuk postingan ini

Mengenal Tanaman Ginkgo Biloba

Ginkgo Biloba merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki masa hidup terpanjang. Dimana tanaman ini bisa hidup sampai 1.000 tahun lebih. Tingginya juga bisa mencapai 50 meter lebih.

Pengobatan kuno cina telah menggunakan ekstrak daun dan biji tanaman ini untuk mengobati penyakit paru, serebrovaskular, dan kardiovaskular. Pada saat ini tanaman obat ini sudah diteliti akan manfaatnya bagi kesehatan.

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa tanaman ini memiliki manfaat untuk melancarkan aliran darah, sebagai obat kuat alami, menjaga kesehatan otak, meningkatkan daya ingat, dan sebagai obat mata.

Ginkgo Biloba
Ginkgo Biloba

Klasifikasi dan Morfologi

Nama Ilmiah
Ginkgo Biloba
Nama lain
Pohon rambut gadis
Klasifikasi
Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Ginkgophyta
Kelas: Ginkgoopsida
Ordo: Ginkgoales
Famili: Ginkgoaceae
Genus: Ginkgo
Spesies: Ginkgo biloba L.
Morfologi
Batang: Tinggi batang bisa mencapai 5o meter dengan lebar sekitar 8 meter. Diameter batang bisa mencapai 4 meter. Batangnya tumbuh lurus seperti tiang dan bercabang, termasuk jenis batang dikotom.

Daun: Bentuk daun seperti kipas dan bagian ujungnya berliku-liku. Ukuran daun 5-10 cm (2-4 inchi) dan kadang-kadang sampai 15 cm ( 6 inchi). Selama musim semi, daun berwarna hijau dan berubah menjadi kuning emas saat gugur

Bunga: Terdapat bunga jantan dan betina pada pohon yang berbeda. Bunga jantan memiliki daun yang tipis dan petala yang berwarna kekuningan yang terdapat pada ujung cabang. Sedang bunga betina memiliki bentuk yang lebih sederhana. Pada bunga betina memiliki tangkai yang panjang dan terdapat 2 ovulum yang bebas.

Buah: Bentuk buah bulat dan berwarna kuning. Memiliki banyak buah yang akan mengalami absisi pada bulan Oktober.

Akar: Memiliki perakaran tunggang yang kuat.
Kandungan
Tanaman obat ini mengandung berbagai senyawa penting seperti terpenoid, flavonoid, biflavonoid, asam organik, poliprenol.
Manfaat
Manfaat tanaman ginkgo biloba yakni sebagai obat kuat alami sebab mampu melancarkan aliran darah termasuk ke area penis. Selain itu tanaman obat ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak, meningkatkan daya ingat, dan menyehatkan mata.
Klasifikasi dan Morfologi Ginkgo Biloba

Sumber referensi:

5 comments

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.