Cari disini

Cara Menurunkan Berat Badan 60 kg Menjadi 45 kg (TIPS AMAN)

Kategori: Informasi Kesehatan
cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg
Berikan nilai untuk postingan ini

Bagaimana cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg? Jika Anda sedang mencari jawaban tersebut, mungkin artikel kami ini bisa memberikan jawaban yang tepat untuk Anda.

Dari pertanyaan tersebut, berarti target penurunan berat badan yang ingin Anda capai adalah 15 kg. Supaya proses penurunan berat badan sebanyak 15 kg aman bagi kesehatan Anda, Anda harus memahami batas aman penurunan berat badan.

Batas aman penurunan berat badan yang ideal adalah sekitar 0,5-1 kg per minggu. Jadi untuk mencapai target 15 kg, setidaknya memakan waktu selama 15 minggu atau sekitar 4 bulan. Ini adalah target yang realistis dan paling masuk akal serta aman untuk kesehatan Anda.

Baca juga artikel tentang: “Cara Menurunkan Berat Badan 5kg Dalam 1 Minggu Secara Alami

Sebaiknya jangan berharap dapat mencapainya lebih cepat dari target yang realistis tersebut. Sebab jika berat badan Anda turun secara drastis, maka bahaya kesehatan akan mengintai Anda. Terdapat beberapa bahaya jika berat badan turun drastis seperti kehilangan massa otot, gangguan metabolisme, kelelahan, sakit kepala, dan lain sebagainya.

Agar upaya yang Anda lakukan dalam program penurunan berat badan Anda berhasil, Anda harus optimis. Dengan kata lain Anda merasa yakni dan percaya diri bahwa Anda pasti bisa mencapai target tersebut. Dengan menanamkan rasa optimisme tersebut, maka Anda pastinya akan merasa penuh energi dan bersemangat dalam menjalankannya.

Selain itu Anda juga harus konsisten dalam setiap tahap yang Anda jalankan. Sebab jika Anda tidak konsisten, maka proses tersebut bisa terkendala dan bahkan bisa berhenti di tengah jalan dan akhirnya Anda menyerah begitu saja. Untuk itu Anda perlu menanamkan sikap disiplin pada diri Anda supaya tahap-demi tahap dapat berjalan dengan baik.

Baca juga artikel tentang: “Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan 3kg Dalam 1 Hari?

Beberapa Cara Menurunkan Berat Badan 60 kg Menjadi 45 kg dengan Cara yang Aman

Cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg
Pendukung Program Diet | Freepik.com

Setelah Anda mengetahui batas aman penurunan berat badan Anda, selanjutnya Anda bisa menerapkan pola hidup sehat sebagai cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg.

1. Perbanyak Olahraga dan Aktif Bergerak

Cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg yang pertama adalah memperbanyak olahraga dan aktif bergerak. Mungkin ini adalah tips yang paling umum disebutkan dalam program penurunan berat badan. Olahraga memang menjadi salah satu faktor penting yang dapat menentukan keberhasilan program tersebut. Sebab tanpa berolahraga dan aktif bergerak, tubuh kita tidak akan dapat membakar lemak dengan baik.

Berolaraga secara rutin dan aktif bergerak membuat tubuh membakar kalori lebih maksimal sehingga berat badan dapat berkurang. Terapat beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan seperti jalan kaki, lari santai, lompat tali, bersepeda, berenang, yoga dan lain sebagainya.

Jika jarak rumah dan tempat Anda bekerja tidak terlalu jauh, Akan lebih baik jika Anda berjalan kaki atau bersepeda. Dengan begitu, tubuh Anda tetap bergerak aktif meski Anda sedang tidak berolahraga.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Air memiliki peran penting bagi tubuh kita sebab tubuh kita terdiri dari 60% air. Jika air ditubuh kita tercukupi, maka tubuh kita akan bekerja dengan normal termasuk dalam proses pembakaran lemak.

Terdapat beberapa manfaat air dalam program diet seperti menekan nafsu makan, meningkatkan metabolisme, meningkatkan energi dan lain sebagainya. Oleh karena itu disarakan untuk memperbanyak minum air putih ketika Anda sedang menjalankan program penurunan berat badan.

3. Meningkatkan Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur juga sangat penting untuk mendukung suksesnya penurunan berat badan Anda. Buah-buahan merupakan sumber serat alami yang dapat membuat  kita merasa kenyang lebih lama. Kandungan vitamin dan mineral pada buah-buahan juga akan mencukupi nutrisi tubuh selama menjalankan program diet.

Sayur-sayuran juga merupakan sumber vitamin, mineral, dan serat. Oleh karena itu disarankan untuk meningkatkan konsumsi buah dan sayur supaya tubuh kita tetap ternutrisi dan penuh energi selama proses berjalan. Tidak hanyak mendukung proses penurunan berat badan saja, buah dan sayur juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan lainnya.

Baca juga artikel tentang: “Makanan yang Bisa Menurunkan Berat Badan

4. Istirahat yang Cukup

Kurang istirahat ternyata juga berdampak pada kenaikan berat badan. Sebab jika Anda kurang istirahat, maka kadar neurotransmitter menjadi tidak seimbang. Hal ini berakibat munculnya rasa lapar atau keinginan untuk makan di tengah malam meningkat.

Oleh karena itu Anda perlu menjaga waktu istirahat Anda dengan baik agar keinginan makan pada saat tengah malam dapat Anda hindari. Setidaknya Anda butuh 6-9 jam waktu istirahat dan setiap harinya.

5. Hindari Stres

Cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg yang terakhir yakni menghindari stres. Meski adakalanya stres tidak bisa dihindari, Anda bisa mengurangi stres agar dampak buruknya bisa dicegah. Pasalnya stres dapat memproduksi hormon kortisol yang dapat meningkatkan nafsu makan.

Keadaan ini membuat seseorang yang sedang stres memiliki kecenderungan makan lebih banyak. Untuk mengurangi stres, Anda bisa melakukan kegiatan yang Anda sukai, rekreasi, mendengarkan musik dan lain sebagainya.

Itulah tadi beberapa cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg yang bisa Anda terapkan. Sekali lagi Anda harus menentukan target yang realistis dan optimis supaya proses penurunan berat badan Anda bisa berjalan dengan baik.

Sumber referensi:

  1. https://hellosehat.com/nutrisi/berat-badan-turun/cara-menurunkan-berat-badan/
  2. https://www.alodokter.com/cara-menurunkan-berat-badan-secara-realistis

Sumber foto:

1 comment

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *