Cari disini

Cara Menurunkan Berat Badan 5kg Dalam 1 Minggu Secara Alami

Kategori: Informasi Kesehatan
Berikan nilai untuk postingan ini

Cara menurunkan berat badan 5kg dalam 1 minggu secara alami merupakan salah satu topik yang paling dicari oleh mereka yang memiliki berat badan berlebih. Berat badan berlebih sendiri terbagi dua yakni overweight dan obesitas.

Banyak orang mengira bahwa overweight dan obesitas merupakan hal yang sama. Padahal kedua masalah berat badan ini memiliki sejumlah perbedaan seperti penyebab dan batas indeks massa tubuh (IMT).

Overweight disebabkan oleh penumpukan lemak tubuh, kelebihan otot, kelebihan tulang, atau kelebihan air. Sedangkan obesitas biasanya disebabkan oleh kelebihan lemak pada bagian tubuh tertentu seperti lemak di perut (viseral).

Meski berbeda, overweight dan obesitas sama-sama berefek buruk bagi kesehatan. Terdapat sejumlah komplikasi yang terjadi pada penyandang overweight dan obesitas yakni sebagai berikut.

  1. Penyakit, hipertensi, jantung dan stroke (kardiovaskular)
  2. Penyakit kencing manis (diabetes)
  3. Nyeri sendi (osteoarthritis)
  4. Kanker ovarium, kanker prostat, dan kanker hati
  5. Penyakit asma dan sleep apnea
  6. Masalah pencernaan dan hati
  7. Gagal ginjal
  8. Gangguan kesuburan (infertilitas)

Selain berdampak buruk bagi kesehatan, kelebihan berat badan juga berdampak buruk bagi penampilan. Bagi sebgaian orang, memiliki kelebihan berat badan membuat dirinya merasa tidak percaya diri ketika berada di tempat umum ataupun tempat lainnya. Hal tersebut justru dapat membuat mental penyandang kegemukan menjadi terganggu.

Oleh karena itu para penyandang kegemukan akan mencoba segala usaha agar berat badan mereka bisa kembali normal. Berbagai cara rela mereka lakukan seperti mengonsumsi suplemen pelangsing, melakukan olahraga berat, menjalankan diet ketat dan lain sebagainya.

Faktanya, kunci utama dalam mencegah dan mengatasi kelebihan berat badan adalah dengan menjalani gaya hidup sehat. Memang menjalani gaya hidup sehat pada zaman sekarang bisa dikatakan sangatlah sulit. Hal ini disebabkan oleh pengaruh lingkungan seperti banyaknya jenis makanan yang kurang sehat, lingkungan rumah dan pekerjaan, dan lain sebagainya.

Meski terlihat sulit, sebenarnya kita bisa menjalaninya asalkan ada niat dan keinginnan yang tulus. Untuk itu diperlukan pula dukungan baik dari keluarga maupun dari teman-teman kita.

Beberapa Cara Menurunkan Berat Badan 5kg Dalam 1 Minggu Dengan Cara Alami

Untuk membantu Anda dalam menurunkan berat badan dengan, Anda dapat melakukan beberapa cara alami berikut ini. Dimana cara berikut ini merupakan penerapan gaya hidup sehat yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

1. Meningkatkan Konsumsi Buah, Sayur dan Kacang-kacangan

Cara Menurunkan Berat Badan 5kg dengan konsumsi buah dan sayur
Buah dan Sayur (pexels.com/@goumbik)

Cara menurunkan berat badan yang pertama adalah dengan meningkatkan konsumsi buah dan sayur. Sedari dahulu kita disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur untuk menjaga kesehatan tubuh. Mengonsumsi buah dan sayur juga memiliki dampak baik bagi penyandang kegemukan.

Anda dapat membuat menu harian Anda dengan bahan dasar buah dan sayuran. Salah satunya adalah salad sayur ataupun salad buah dengan tambahan yogurt tanpa lemak. Anda juga dapat menggunakan sayur sebagai lalapan dan buah sebagai makanan penutup.

Selain buah dan sayur, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang tanah, kacang jambu mete, kacang kenari dan lain sebagainya. Sebenarnya anggapan mengonsumsi kacang membuat berat badan naik adalah salah kaprah. Kenyataannya, mengonsumsi kacang justru membantu membantu menurunkan berat badan secara alami.

2. Minum Air Putih yang Cukup

Cara Menurunkan Berat Badan 5kg dengan minum air putih yang cukup
Minum Air Putih (pexels.com/@olly)

Air putih sangat penting bagi tubuh sebab dapat membantu meningkatkan metabolisme. Air juga berfungsi untuk membantu tubuh mengeluarkan penumpukan sisa makanan dan menetralkan racun dalam tubuh.

Jumlah air minum yang disarankan yakni sekitar 1,5 – 2 liter atak setara dengan 8 gelas perhari. Jika Anda sulit untuk mengonsumsi air sebanyak itu, Anda dapat menambahkan lemon untuk menambah rasa.

Pada awalnya memang terasa sulit. Akan tetapi jika sudah berjalan beberapa hari, Anda akan bisa menjalaninya dengan mudah. Tidak hanya membantu menurunkan berat badan, minum lebih banyak air putih juga membuat tubuh terasa lebih sehat dan ringan.

3. Membatasi Asupan Gula, Garam dan Lemak

Cara Menurunkan Berat Badan 5kg dengan mengurangi gula, garam dan lemak
Makanan Cepat Saji (pexels.com/@rene-roa-1882128)

Cara menurunkan berat badan yang selanjutnya yakni dengan mengurangi asupan gula, garam dan lemak. Meski tidak dapat kita hindari, namun kita bisa mengurangi konsumsi makanan yang manis, tinggi lemak dan tinggi garam.

Sebab makanan yang tinggi gula, garam dan lemak dapat memicu kenaikan beat badan. Untuk mengatasinya, Anda dapat membuat menu Anda sendiri sehingga Anda dapat mengatur jumlah gula dan garam yang akan Anda gunakan.

Beberapa jenis makanan dan minuman yang patut Anda hindari yakni makan cepat saji seperti pizza, burger, minuman bersoda dan lain sebagainya.

4. Rutin Berolahraga Minimal 30 Menit Dalam 1 Hari

Cara Menurunkan Berat Badan 5kg dengan berolahraga
Olahraga (pexels.com/@andres-ayrton)

Cara menurunkan berat badan yang selanjutnya yakni dengan berolaraga secara rutin. Olahraga adalah kegiatan yang sangat penting Anda lakukan jika Anda adalah orang yang kurang aktif bergerak. Apalagi bagi Anda yang bekerja di depan komputer, olahraga perlu Anda lakukan agar berat badan Anda tetap terjaga.

Anda tidak perlu melakukan olahraga berat untuk menurunkan berat badan. Terdapat beberapa jenis olahraga ringan yang bisa Anda lakukan seperti jogging, jalan santai dan berenang.

Anda disarankan melakukan olahraga secara rutin dan teratur minimal 30 menit dalam sehari. Berolahraga sangat penting sebag akan membuat tubuh kita aktif untuk membakar kalori dan meningkatkan laju metabolisme.

5. Cara Menurunkan Berat Badan 5kg Dalam 1 Minggu Dengan Mengonsumsi Suplemen Pelangsing

Selain beberapa cara yang telah kami sebutkan diatas, Anda juga dapat mencoba cara terakhir yakni dengan mengonsumsi suplemen atau obat pelangsing. Namun Anda disarankan memilih suplemen yang mengandung ekstrak herbal serta sudah terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Untuk menemukan suplemen pelangsing yang tepat, Anda bisa mengunjungi beberapa situs yang direkomendasikan seperti alodokter.com, hellosehat.com, halodoc.com dan lain sebagainya. Pada situs tersebut Anda bisa menemukan berbagai merek suplemen pelangsing dan dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan bantuan dan penjelasan.

Itulah tadi informasi mengenai cara menurunkan berat badan 5kg dalam 1 minggu secara alami. Semoga informasi yang kami berikan dapat menjadi solusi bagi Anda yang mengalami kegemukan. Dukung kami dengan memberikan penilaian, saran dan kritikan melalui kolom komentar. Terima kasih.

Sumber referensi:

2 comments

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *