Cari disini

Buah yang Bisa Menurunkan Berat Badan untuk Menu Diet

Kategori: Informasi Kesehatan, Tanaman Obat
Buah yang Bisa Menurunkan Berat Badan
Berikan nilai untuk postingan ini

Buah yang bisa menurunkan berat badan berikut ini bisa kamu jadikan menu diet harian kamu. Dimana terdapat beberapa jenis buah yang baik untuk diet sehingga akan menambah variasi menu diet kamu.

Apakah kamu adalah salah satu diantara mereka yang sedang menjalankan program diet? Jika benar, artikel ini mungkin bisa menjadi salah satu sumber informasi agar program diet kamu dapat berjalan dengan baik.

Diet yang sehat tentunya harus diimbangi dengan menu makanan sehat serta didukung dengan olaraga yang rutin. Menjalankan program diet sendiri bisa dikatakan gampang-gampang sulit. Oleh karena itu ada yang berhasil dan ada yang tidak sama sekali.

Faktanya kunci keberhasilan diet sendiri yakni konsisten dalam menjalankannya. Jika kita setengah hati dalam menjalankannya, maka usaha kita tersebut akan sia-sia. Jadi sebelum menjalankan diet, kamu harus membulatkan tekad agar tidak berhenti di tengah jalan.

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum menjalankan diet adalah dengan membuat target yang realistis. Selanjutnya persiapkan segala keperluan yang mendukung diet kamu. Setelah itu jalani dan tanamkan rasa optimisme bahwa kamu pasti bisa melakukannya.

Nah, dalam program diet sendiri terdapat menu makanan yang bisa kamu konsumsi saat menjalankannya. Menu makanan untuk diet tersebut sudah pasti makanan yang sehat terutama makanan yang rendah kalori namun tinggi protein dan serat.

Salah satu makanan yang menjadi sumber protein dan serat yakni buah-buahan. Buah dapat membantu membuat kita merasa kenyang lebih lama serta mencukupi nutrisi lainnya. Selain baik untuk diet, buah-buahan memiliki segudang manfaat yang tak perlu diragukan lagi.

Baca juga artikel tentang: “Minuman yang Bisa Menurunkan Berat Badan Ini Patut Kamu Coba

Jenis-jenis Buah yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Buah yang Bisa Menurunkan Berat Badan
Bauh-buahan

Buah-buahan yang tinggi serat dapat dijadikan menu diet sebab dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian keinginan kita untuk makana makanan yang tidak sehat akan berkurang. Nah, apa sajakah buah yang bisa menurunkan berat badan tersebut? Berikut daftarnya!

1. Apel

Buah yang baik untuk diet yang pertama yakni buah apel. Buah apel memiliki kandungan kalori yang rendah namun mengandung serta yan tinggi. Dalam 1 buah apel besar, mengandung kalori sekitar 116 kalori dan 5,4 gram serat.

Kandungan serat tinggi pada buah apel ini tentunya akan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Dengan kandungan kalori yang rendah, kelebihan kalori pada tubuh dapat kita hindari. Dengan demikian proses penurunan berat badan akan berjalan dengan baik.

Disarankan untuk mengonsumsi apel bersama kulitnya. Sebab bagiana kulitnya juga mengandung serat yang kita perlukan dalam menjalankan diet. Kita hanya perlu mencucinya hingga bersih sebelum dikonsumsi.

2. Pir

Buah pir juga sama dengan apel dimana mengandung kalori yang rendah dan tinggi serat. Dengan mengonsumsi buah pir setiap hari, maka kebutuhan serat kita akan terpenuhi. Sehingga dapat menekan keinginan untuk makan lebih banyak dan mengurangi asupan kalori.

Selain mengandung serat yang tinggi, buah piri juga kaya akan kandungan vitamin C, antioksidan, vitamin K, kalsium, dan zat besi. Untuk mengonsumsi buah pir, cuci bersih lalau dikonsumsi bersama dengan kulitnya sama seperti buah apel.

3. Pisang

Pisang memiliki indeks glikemik yang masih tergolong rendah. Oleh karena itu buah ini juga bisa kita manfaatkan dalam program diet kita. Pisang juga mengandung serat dan nutris lainnya seperti vitamin A, vitamin C, kalium, dan lain-lain.

Studi menunjukkan bahwa buah pisang mampu membantu mengontrol level insulin dan membantu mengatur berat badan. Untuk memenuhi kebutuhan serat harian, kamu bisa mengonsumsi 2 buah pisang dalam sehari.

4. Alpukat

Alpukat mengandung lemak baik yakni asam lemak tak jenuh rantai tunggal dan rantai jamak. Lemak ini tidak sama dengan lemak yang ada pada makanan seperti pada gorengan. Selain itu buah ini juga mengandung serat yang cukup tinggi sehingga memberi rasa kenyang lebih lama.

Jika dibanding dengan apel, buah pisang mengandung karbohidrat dua kali lipat, serta lima kali lipat vitamin A. Tidak hanya itu, buah pisang juga kaya magnesium dan kalium yang penting bagi tubuh untuk tetap bugar dalam menjalankan aktivitas.

5. Buah Berry

Buah untuk diet yang selanjutnya yakni buah berry seperti goji berry, blueberry, blackberry, raspberry, dan stroberry. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah berry bisa kurangi konsumsi kalori sampai 134 kalori.

Buah berry mengandung antioksidan yang tinggi yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan sendi, serta dapat membantu mencegah penyakit darah tinggi (hipertensi). Buah ini juga mengandung serat, vitamian dan mineral yang berguna saat menjalankan diet.

Selain beberapa jenis buah diatas, masih terdapat berbagai jenis buah yang bisa menurunkan berat badan yakni sebagai berikut.

  • Delima
  • Anggur
  • Jeruk
  • Jeruk Bali
  • Melon
  • Kiwi
  • Markisa
  • Grapefruit
  • Semangka
  • Jambu biji

Apakah ada buah yang bisa menurunkan berat badan 1 kg sehari? Jawabannya adalah tidak. Sebab untuk menrunkan berat badan membutuhkan proses yang bisa dikatakan memakan waktu. Telbih lagi batas aman penurunan berat badan yang disarankan yakni sekitar sekitar 1 kg perminggu. Jika melebihi batas aman, maka akan memicu masalah kesehatan lainnya.

Baca juga artikel tentang: “Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan 3kg Dalam 1 Hari?

Itulah tadi informasi mengenai jenis-jenis buah yang bisa menurunkan berat badan. Semoga informasi yang kami berikan ini dapat menjadi sumber referensi bagi kamu dalam menjalankan program diet kamu.

Sumber referensi:

Sumber foto:

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.