Manfaat & Khasiat Ketumbar Bagi Kesehatan

Sunday, October 7th 2018. | 217
Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan – Tumbuhan atau tanaman obat yang satu ini merupakan salah satu jenis rempah yang sering digunakan sebagai bahan bumbu dapur. Namun siapa sangka jika dibalik manfaat sebagai bumbu tersebut, ketumbar juga berkhasiat baik bagi kesehatan tubuh. Tanaman yang mempunyai nama ilmiah (Coriandrum sativum) atau dalam bahasa sunda Katuncar ini adalah tumbuhan berbunga dan berbuah sehingga ketumbar termasuk klasifikasi kerajaan Plantae, Kelas magnoliopsida dan masih satu keluarga dengan Apiaceae.
Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan
Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan
Ketumbar mempunyai beberapa kandungan yang cukup banyak, salah satunya adalah :

Sabinene
Myrcene
A-terpinene
Ocimene
Linalool
Geraniol
Dekanal
Desilaldehida
Trantridecen
Asam petroselinat
Asam oktadasenat
D-mannite
Skopoletin
P-simena
Kamfena
Felandren.

Sedangkan manfaat yang bisa didapat dari kandungan ketumbar tersebut adalah :

  • Menambah nafsu makan
  • Memperlancar ASI pada ibu yang sedang menyusui
  • Melancarkan pencernaan
  • Mengobati perut kembung
  • Mengobati pusing atau sakit kepala
  • Mengobati lemah syahwat pada laki – laki
  • Mengurangi tekanan darah tinggi
  • Mengobati masuk angin
  • Mengurangi mual dan mencegah muntah – muntah
  • Mengobati Wasir Atau Ambeien
  • Menyembuhkan Influenza
  • Mencegah dan mengobati radang pada tubuh
  • Mengobati penyakit campak
Dari berbagai kandungan serta manfaat yang didapat untuk kesehatan, boleh dibilang sudah cukup sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari sebagai bumbu dapur. Untuk melengkapi artikel, kami akan berbagi sedikit resep masak membumbui ikan laut goreng dan bahan yang harus disiapkan :
– ketumbar secukupnya
– Buah Asam jawa dua butir
– Satu ruas bawang putih
Haluskan ketiga bahan diatas dan tambah sedikit garam dan penyedap rasa. Beri sedikit air lalu usapkan pada ikan yang mau digoreng. Manfaat dari ketumbar akan memberi aroma yang harus, Asam emnghilangkan bau amis. Sekian dulu tentang Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan dan selamat mencoba resep diatas.

Manfaat Daun Ketumbar – Mungkin tak banyak yang tahu tentang manfaat daun ketumbar untuk kesehatan yang cukup banyak bahkan anda pun akan sangat terbantu akan ragam manfaat tersebut bagi kesehatan dan kebugaran Anda.

Siapa yang belum kenal dengan bumbu dapur bernama ketumbar ini? sebagai salah satu jenis bumbu dapur yang banyak di gunakan oleh masyarakat kita. Ketumbar memang termasuk rempah yang banyak tersedia di wilayah Asia, utamanya di Indonesia. Seperti ragam jenis rempah yang ada di Indonesia yaitu lada, kemiri dan ketumbar ini punya manfaat yang tersimpan di dikandungnya. Utamanya pada bagian daun ketumbar yang punya sejuta khasiat.

Tentang Daun Ketumbar Cilantro merupakan ramuan populer Mediterania umum dikenal di wilayah Asia sebagai daun ketumbar. Daun ketumbar banyak dipakai dalam masakan di berbagai budaya baik dalam masakan modern ataupun masakan tradisional. Rempah memiliki banyak kandungan senyawa kimia tanaman yang terkenal dan diketahui punya khasiat terhadap pencegahan penyakit dan masalah lainnya.10 Manfaat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan

10 Manfaat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan

Hal ini mirip dalam hal utilitas daun dan juga bijinya, yang bisa dipakai sebagai bumbu masakan. Ketumbar adalah rempah milik keluarga Apiaceae dari genus : Coriandrum. Cilantro merupakan ramuan asli dari Mediterania dan Asia Kecil (Turki). Tanaman ini termasuk abadi dan memerlukan pengeringan tanah yang subur ditambahkan dengan iklim musim panas hangat untuk berkembang. Tingginya berkisar 1 hingga 2 meter dengan warna hijau tua, berbulu, dengan daun yang lembut. Daun ketumbar adalah salah satu jenis herbal penting yang dipakai untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara langsung ataupun tak langsung. Berikut ini merupakan berbagai manfaat daun ketumbar bagi kesehatan tubuh kita.

  1. Efektif sebagai antibiotik

Sesudah dilakukan penelitian tentang daun ketumbar, rupanya didalamnya ada suatu senyawa antibiotik, dodecenal, yang sudah diuji di laboratorium. Hasil penelitian ini cukup mengesankan dan menyimpulkan bahwa kandungan antibiotik ini 2 kali lebih efektif untuk dipakai gentamisin, obat antibiotik untuk membunuh bakteri makanan, salmonella.

  1. Anti Kanker

Daun ketumbar adalah salah satu jenis herbal yang bisa berperan sebagai zat anti kanker. Sifat anti-oksidan pada daun ketumbar termasuk dalam kandungan zat beta karoten, vitamin E dan C, asam caffeic, quercetin, ferulic, kaempferold amat baik sebagai zat yang bisa membunuh penyebab kanker. Zat ini amat ampuh untuk menekan dan menurunkan resiko stres oksidatif pada sel-sel yang sifatnya karsinogenik (penyebab kanker).

  1. Mengobati peradangan kulit

Cineole, merupakan salah satu dari 11 komponen minyak esensial, dan juga asam linoleat, yang keduanya adalah zat yang ada dalam daun ketumbar, kedua zat ini bersifat antirematik dan antiartritik. Adapun Efek daun ketumbar juga bisa membantu untuk mengurangi peradangan kulit bisa menyebabkan peningkatan fungsi, ketidaknyamanan, dan juga perbaikan pada tampilan kulit.

  1. Memiliki sifat anti mikroba

Daun ketumbar memiliki kandungan minyak atsiri yang bersifat antimikroba, menjadikannya sebagai ramuan yang bermanfaat untuk mengatasi infeksi jamur, bakteri ataupun ragi dalam kondisi tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat daun ketumbar memiliki berbagai kandungan yang amat baik yakni desinfektan, detoksifikasi, antijamur, antiseptik, dan bersifat antioksidan daun ketumbar amat ideal untuk mengatasi gangguan kulit seperti eksim, infeksi jamur dan kekeringan.

  1. Mengurangi tekanan darah tinggi

Dengan mengkonsumsi daun ketumbar sudah terbukti positif untuk mengurangi tekanan darah pada banyak pasien penderita hipertensi. Adanya Interaksi ion kalsium dan juga kolinergik, neurotransmitter pada sistem saraf perifer dan juga pusat, umumnya dikenal sebagai asetilkolin. Interaksi kedua unsur pembuluh darah tersebut akan mengurangi kemungkinan sejumlah kondisi kardiovaskular, termasuk diantaranya serangan jantung dan juga stroke.

  1. Sangat ampuh mengatasi diare

Adapun beberapa komponen minyak esensial yang terdapat dalam daun ketumbar seperti Borneol dan juga Linalool, dapat membantu pencernaan, untuk meningkatkan fungsi hati dan juga lambung. Selain itu pula, kedua zat ini juga sangat efektif untuk mengurangi diare. Hal ini juga dapat membantu untuk menyembuhkan diare yang dikarenakan oleh mikroba dan juga jamur, karena jenis komponen seperti Cineole, Limonene, Borneol, Alpha-pinene & beta-phelandrene punya efek antibakteri. Daun ketumbar bisa dipakai untuk mencegah mual, muntah, dan juga gangguan perut lainnya. Adapun kekayaan senyawa bioaktif bermakna bahwa terdapat banyak kandungan kesehatan yang bisa dimanfaatkan dari daun ketumbar ini.

  1. Menurunkan kolesterol

Ada banyak zat asam yang terkandung pada daun ketumbar diantaranya ialah asam linoleat, asam palmitat, asam oleat, asam stearat dan juga asam askorbat (vitamin C-) amat efektif untuk mengurangi kadar kolesterol yang ada dalam darah. Juga untuk mengurangi tingkat kolesterol (LDL) sepanjang dinding bagian dalam arteri dan juga vena, yang akan menyebabkan masalah serius kardiovaskular seperti diantaranya artherosclerosis, stroke dan serangan jantung. Dan yang lebih penting lagi, ketumbar dapat membantu dalam meningkatkan kadar kolesterol sehat (HDL), yang bekerja dan berfungsi garis pertahanan pencegahan terhadap berbagai kondisi kardiovaskular yang cukup berbahaya.

  1. Mencegah dan Membantu Mengobati Anemia

Daun ketumbar punya kandungan yang cukup tinggi terhadap zat besi, yang secara langsung dapat membantu para penderita anemia. Kandungan zat besi yang rendah dalam darah akan menyebabkan sesak napas, kelelahan ekstrim, jantung berdebar-debar, dan menurunnya fungsi kognitif. Zat besi dan manfaat fungsi yang pas dari sistem organ lain, menambah energi dan kekuatan, dan juga menjaga kesehatan tulang.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsium dan juga zat besi adalah dua zat vital yang sangat berperan penting pada kesehatan tulang, pertumbuhan, dan juga untuk mencegah berbagai kelainan pada tulang.

Demikian pembahasan tanaman herbal kita kali ini tentang 10 Manfaat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam sehat.

advertisement

tags:
tags: manfaat& khasiat ketumbar