Kedawung – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

Tuesday, October 13th 2015. | 196

CIRI-CIRI KEDAWUNG

Bagian BATANG
jenis batangnya Berkayu, tegak, memiliki perrnukaan yang licin, percabangan yang monopodial, ukuran diameter batang ± 30 cm, saat batang masih muda akan berwarna coklat dan setelah tua akan berwarna putih kotor.

Bagian DAUN
Jenis daunnya majemuk, memiliki tangkai daun berkelenjar, pada bagian cabang pertama ada 15 hingga 42 pasang anak daun, cabang kedua hingga 80 pasang, anak daun memiliki panjang sekitar 4 hingga 10mm, dengan lebar 1 sampai 2 mm

Bagian BUNGA
Jenis bunga majemuk, berbentuk malai, bunga jantan, benang sari 10, letaknya dekat tangkai, adapun bunga lainnya berkelamin dua dengan sepuluh benang sari dan salu putik, Polong, kuning, panjangnya 20 sampai 36 cm, dengan lebar 3 sampai 4,5 cm.

Bagian BUAH dan BIJI
Jenis buah polong, panjang buahnya 15 sampai 40 cm, bila sudah tua kulit luarnya akan berwarna hitam.
Ada 15 sampai 21 biji, warnanya hitam, bentuk bulat telur, keras, pipin, panjangnya 1 sampai 2 cm, dengan lebar ± 1,5 cm.

 

TANAMAN KEDAWUNG
Tanaman Kedawung adalah tanaman yang berbentuk pohon menahun dengan tinggi berkisar antara 3 hingga 15 m, tanaman ini umumnya tumbuh liar pada ketinggian 500 m dpl. Dengan curah hujan 2.000 hingga 4.000 mm, cukup sinar matahari.

Tanaman ini bisa dikembangbiakkan dengan memakai biji. Umumnya biji diambil dari buah yang telah masak dan juga berisi. Dengan cara Biji disemaikan terlebih dulu, sesudah berumur 8 hingga 12 bulan maka bisa dipindahkan ke kebun. Adapun jarak tanamnya 14 hingga 18 m, ukuran lubangnya 60×60 cm, yakni dengan kedalaman 60 cm, dan Panen pertama sesudah tanaman berumur 6 tahun.

Tanaman Kedawung termasuk diantara 30 spesies tumbuhan obat langka di Indonesia, Pohon kedawung adalah pohon raksasa hutan, memiliki batang yang besar, lurus dan juga tinggi di hutan, pohon ini adalah salah satu jenis pohon yang tertinggi jika dibandingkan dengan jenis-jenis pohon-pohon yang lain di hutan.
Secara umum pohon kedawung hidup di hutan pada bagian lereng-lereng yang terjal, dan pohon kedawung raksasa ini berfungsi untuk melindungi tanah dari erosi dan longsor karena kekuatan akarnya yang besar.
Dengan kekuatan dari akan Pohon kedawung maka jika terjadi erosi tanah dan longsor pohon kedawung akan langsung menangkap tanah, menahannya dan juga menghentikan terjadinya erosi dan longsor.

Pohon kedawung adalah jenis tumbuhan polong-polongan yang akar dan guguran daunnya dapat menyuburkan tanah yang ada di sekitar tempat tumbuhnya. Kita dapat melihat beranekaragam jenis-jenis tumbuhan obat yang lain yang juga hidup dan tumbuh subur di sekitaran pohon kedawung yang ada di hutan. Pohon kedawung memiliki manfaat yang sangat besar, tak hanya untuk manusia namun juga alam sekitar atau tanaman-tanaman lain yang tumbuh di sekitarnya.

 

KANDUNGAN TANAMAN KEDAWUNG

Adapun bagian Pohon dan kulit kedawung memiliki sejenis lendir seperti agar-agar namun tidak dapat dikomsumsi, sedangkan pada bijinya memiliki kandungan zat tanin, damar, glukosida, dan juga garam-garam alkali.

Bagian Daun, biji dan juga kulit batang kedaung memiliki kandungan flavonoida dan saponin, glikosid, hidrat arang, damar, garam alkali,
Di samping itu pula daun dan kutit batang mengandung tanin.

Pada biji kedawung cukup banyak kandungan berbagai asam amino esensial, utamanya triptophan dan methionin. Potensi yang cukup menarik pada biji kedawung ialah punya protein dan lemak yang cukup tinggi. Adapun Komposisi kimia biji kedawung terkandung : protein sistein yang terbilang cukup menonjol yakni sekitar 42,3%, Karbohidrat 22,1%, lemak 24,6%, abu 7,2% , serat 3,6%.

 

MANFAAT DAN KHASIAT KEDAWUNG

Pada bagian polongnya jika ditumbuk dengan air digunakan sebagai sampo untuk mencuci kepala. Biji yang sudah tua bisa digunakan sebagai obat penyakit kolera. Orang melayu memakai biji kedawung sebagai obat penyakit kolik dan juga sebagai obat penguat lambung.

Tanaman Kedawung oleh orang Afrika digunakan sebagai lambang pohon kehidupan di sana, karena pemakaiannya yang cukup luas dalam kehidupan sehari-hari masyarakat yang meliputi semua bagian yakni mulai dari bagian akar, daun, polong/pond, kulit, kayu, biji, dan juga bunga yang dipakai dalam pembuatan makanan maupun minuman hingga untuk pengobatan tradisional. Bubur pond amat kaya kandungan karbohidrat dan vitamin C, sehingga bisa dipakai dalam pembuatan beragam jenis makanan berenergi tinggi (kue-kue kering yang bisa bertahan lama disimpan), berbagai macam jenis minuman segar, dan juga bahan pengganti gula. Selain itu pula bisa dipakai sebagai penghasil ekstrak warna coklat yang akan menyerupai minuman cola. Bijinya yang sudah kering bisa dibuat menjadi beragam makanan bergizi tinggi dan juga minuman pengganti kopi (yang biasa dikenal dengan café du Soudan).

 

Adapun berbagai manfaat maupun khasiat dari tanaman kedawung sebagai pengobatan ialah sebagai berikut :

Dapat menghilangkan nyeri lambung
Ambillah 5 biji kedawung, kemudian sangrai sampai matang. Dan kupas kulitnya lalu tumbuk sampai sangat halus. Seduhlah dengan air panas.

Untuk Mengatasi Infeksi kulit
Tumbuklah biji kedawung sampai halus. Tambahkan dengan sedikit air, dan tempelkan ke bagian tubuh yang terasa sakit.

Untuk obat Diare dan cacingan
Ambil air mendidih kemudian masukkan daun kedawung ke dalamnya. Ramuan siap konsumsi.

Sebagai Obat antidisentri
bagian Akar kedawung berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit. Akar kedawung difermentasi lalu dipakai sebagai obat antidisentri.

advertisement

tags: , , , , ,