Manfaat Buah Nanas bagi Kesehatan Pencernaan

Thursday, October 11th 2018. | 187

Apa aja ya manfaat dari buah nanas bagi kesehatan pencernaan tubuh kita? Semua jenis buah-buahan yang tumbuh di dunia ini, kebanyakan memiliki manfaat & khasiat baik bagi kesehatan dan kecantikan manusia, tanpa terkecuali buah nanas. Buah ini adalah buah dari daerah yang beriklim tropis yang biasanya tumbuh tanpa mengenal musim. Gizi yang dapat Anda peroleh dari buah nanas diantaranya adalah, vitamin C, vitamin B6 dan vitamin B1, dan juga folat. Selain gizi tadi sangat bermanfaat, terdapat unsur lain dari buah nanas yang sangat berperan penting untuk sistem pencernaan tubuh manusia. Yuk Simak apa saja sih manfaat & khasiat dari buah nanas.

Manfaat buah nanas untuk pencernaan

  1. Enzim Baik Untuk Pencernaan

Medical Center di Maryland Universiy, mengatakan bahwa buah nanas memiliki enzim pencernaan yang baik, yang dikenal dengan bromelain. Enzim ini adalah campuran dari enzim proteolitik yang dapat membantu usus Anda untuk memecah dan menyerap protein yang lebih banyak. Khasiat lainnya dari bromelain ini juga dapat meringankan masalah perut diantaranya seperti, sakit perut dan juga diare.

  1. Lancarkan sistem pencernaan

Buah nanas secara alamiah punya kandungan kaya serat. Adapun Fungsi kaya serat ini, sangat baik untuk dapat meningkatkan sistem pencernaan tubuh. Umumnya, makanan yang tinggi serat lumayan agak susah untuk larut dicerna, namun tidak dengan nanas.

Khasiat buah nanas bagi pencernaan tak sampai disitu aja, buah nanas punya sejumlah kandungan vitamin dan juga mineral yang dapat menyerap air pada usus. Untuk sistem penceranaan normal, Anda harus mengkonsumsi 14 gram total serat dari 1000 kalori /hari, dan itu dapat Anda peroleh dari buah nanas. Colorado State University Extension, mengatakan bahwa makan buah nanas setengah potong memiliki kandungan 2,2 gram total serat makanan.

  1. Menangkal sakit karena perut kembung

Pada umumnya, kembung dapat ditandai dengan perut yang agak membesar dan terdapat tekanan gas lebih kuat. Anda tak perlu pusing untuk mengobatinya. Yakni cukup dengan mengkonsumsi buah nanas, makanan lain yang menjadi penyebab refluks ataupun gas pada pencernaan muncul, dapat diredakan dengan cara alami. Terdapat pula kandungan bromelain dan fiber dalam buah nanas yang sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan tubuh, bromelain punya sifat yang menenangkan pada perut.

  1. Dapat Mencegah kanker usus

Mengkonsumsi buah nanas untuk pencernaan juga sangat baik agar terhindar dari kanker pada usus. Karena kandungan antioksidan dari vitamin C nya mampu melawan sel-sel kanker dalam tubuh. Selain itu juga buah nanas kaya akan kandungan zat antioksidan lainnya, termasuk diantaranya vitamin A, bromelain, beta karoten, dan juga jenis senyawa flavonoid. Nanas juga dapat menangkal radikal bebas yang cukup kuat akan penyebab pertumbuhan kanker.

 

Efek samping jika terlalu banyak makan buah nanas

Ketahui juga, bahwa Selain buah nanas sangat baik bagi pencernaan kita, namun tak baik juga jika mengkonsumsinya secara berlebihan. Anda mungkin saja akan merasakan bengkak dan terasa agak gatal pada bagian bibir, lidah, dan juga pipi di bagian dalam. Hal ini dikarenakan oleh sifat daging nanas itu sendiri yang terasa panas, walau umumnya akan hilang dalam beberapa jam. Namun jika disertai gatal-gatal hingga sulit bernapas, maka bisa jadi Anda memang alergi terhadap buah nanas.

Sedangkan bagi wanita hamil, untuk asupan kandungan bromelain yang berlebih akan berakibat kontraksi rahim yang dapat berpotensi menimbulkan masalah keguguran. Tentu saja tidak berarti ibu hamil tak diperbolehkan mengkonsumsi buah nanas. Kandungan Bromelain dalam level berbahaya ini baru bisa diperoleh bila Anda melahap 2 buah nanas yang utuh sekaligus.

Nah sobat, semoga artikel tentang manfaat dan efek samping buah nanas ini bermanfaat untuk kita semua, Sekian dan Terima kasih.

advertisement